TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Banyak Pedagang Liar di Pasar Ciputat, Pilar: Kita Harus Tindak Tegas!

Laporan: Gema
Kamis, 18 April 2024 | 17:56 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

CIPUTAT - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) bakal melakukan penataan kawasan di Jalan Haji Usman, dan melakukan penindakan tegas terhadap para pedagang di area Pasar Ciputat yang melanggar aturan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan, pada saat meninjau rencana pembangunan jalan dan penataan di Pasar Ciputat, Kamis (18/4/2024).

“Kami Pemkot Tangsel melalui Dinas Bina Marga akan melakukan penataan kawasan Jalan Haji Usman, yaitu peningkatan jalan beton, perbaikan jalan, dan juga pembangunan pedestrian atau trotoar jalan, berikut dengan lampu penerangan jalan umumnya lalu juga dengan drainasenya,” kata Pilar.

Para pedagang yang melakukan pelanggaran, dengan cara berjualan di pinggir jalan sehingga menyebabkan kemacetan, akan direlokasi ke tempat sementara selama pembangunan berlangsung.

Sebelumnya, Pihak Pemkot Tangsel juga sudah melakukan kesepakatan dengan para pedagang kaki lima (PKL) terkait lokasi dan waktu berjualan, namun hal itu terus dilanggar. Sehingga, dibutuhkan solusi baru untuk mengatasi permasalahan tersebut.

“Kita sudah tidak bisa melakukan pendekatan seperti itu, jadi harus permanen, perapihan permanen. Kita bukan menghilangkan, tapi memindahkan, cari lokasi aset-aset kita lahan kita yang sementara cocok untuk dijadikan lahan pedagang kaki lima tersebut,” ucapnya.

Seperti diketahui, arus lalu lintas di kawasan tersebut selalu bermasalah akibat para pedagang yang berjualan di sembarang tempat. 

“Tidak pelebaran (jalan), justru ini kondisi jalan sudah cukup relatif sudah lebar, cuman karena dipakai pedagang akhirnya maju lagi maju lagi menutup jalan, nah ini yang kita selesaikan, pedagang direlokasi tidak lagi di situ, kita bangun pedestrian untuk pejalan kaki,” lanjut Pilar.

Pilar juga sudah berkoordinasi dengan pihak kelurahan setempat dan beberapa pihak terkait lainnya, untuk melakukan penindakan dengan tegas apabila masih ada pedagang yang melakukan pelanggaran.

Para pedagang yang masih tetap nekat berjualan di jalan raya, akan ditindak dengan tegas. Bahkan, Pilar sendiri juga akan menugaskan tim untuk melakukan pemantauan.

“Kita harus tindak tegas, ya angkut saja (barang dagangannya), saya mau lihat besok. Tadi saya bilang ke lurah, ke sekcam, saya pengen besok tiap hari dari tim saya, saya cek berulang-ulang,” tegasnya.

Setelah melakukan penataan di Pasar Ciputat, pihak Pemkot Tangsel juga sudah berencana akan melakukan penataan di beberapa pasar lainnya yang berada di Kota Tangerang Selatan.

“Kita fokus dulu di sini, nanti ada pasar-pasar lain yang sudah menjadi target kita untuk perapihan,” tutupnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo