TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Bahas Relokasi Warga Sekitar Gunung Ruang Sulut, Jokowi Beri Tugas Khusus Ke Menteri AHY

Laporan: AY
Jumat, 03 Mei 2024 | 20:04 WIB
Presiden Jokowi rapat membahas Gunung Ruang bersama para Menteri. Foto : Setpres
Presiden Jokowi rapat membahas Gunung Ruang bersama para Menteri. Foto : Setpres

JAKARTA - Presiden Jokowi memberikan sejumlah instruksi kepada jajarannya terkait penanganan pengungsi akibat erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara. Instruksi pertama adalah meminta jajarannya untuk segera melakukan relokasi terhadap para pengungsi. 
Hal itu disampaikan Jokowi di rapat terbatas bersama sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (3/5). 
Menurut Presiden, berdasarkan tata ruang yang ada, para pengungsi tidak diperbolehkan kembali ke tempat asalnya.

“Sehingga diperlukan relokasi untuk permukiman yang harus dipercepat dan juga urusan pertanahan, termasuk urusan rumah dan yang berkaitan dengan pekerjaan,” ujar Presiden dalam pengantar ratasnya.

Presiden juga minta jajarannya untuk memastikan bahwa lokasi yang akan dijadikan tempat relokasi sudah tepat dan sesuai. 

Bahkan, Presiden secara khusus minta kepada Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Agus Harimurti Yudhoyono untuk terjun langsung ke lapangan.

“Ini nanti Pak Menteri ATR mohon lapangannya dilihat betul,” ucap Presiden.
Instruksi lainnya adalah Presiden minta agar jajarannya segera membuat skema terkait pendanaan, bantuan, hingga kalkulasi anggaran yang dibutuhkan untuk kegiatan relokasi tersebut. 

Presiden juga ingin menteri terkait melakukan identifikasi terhadap bangunan dan infrastruktur yang terdampak.

“Dan yang paling penting identifikasi beberapa bangunan yang rusak dan infrastruktur yang terdampak, baik itu sekolah, rumah sakit, ataupun jembatan, dan kalkulasi anggaran yang dibutuhkan,” tutur Presiden.
Untuk diketahui, Gunung Ruang yang ada di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) Sulawesi Utara mengalami erupsi sejak tanggal 16 April 2024 lalu. Pemerintah pun telah melakukan evakuasi terhadap ribuan warga yang berada di sekitar Gunung Ruang.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo