oleh

Komitmen Wujudkan Kota Layak Anak, APSAI Tangsel Resmi Dilantik

CIPUTAT-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) komitmen mewujudkan Kota Layak Anak. Salah satunya dengan membentuk Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI).

 APSAI Kota Tangsel resmi dilantik pada Kamis (1/4) di Aula Lengkong Pusat Pemerintahan Kota Tangsel. Pengurus dilantik langsung oleh Ketua Umum APSAI Pusat Luhur Budiarso melalui zoom.

 Selain itu pelantikan juga disaksikan Dra. Lenny N. Rosalin, MSc, MFin Deputi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bidang Pemenuhan Hak Anak, Pj Sekda Tangsel Bambang Noertjahjo, Kepala DPMP3AKB Tangsel Khaerati, dan sejumlah pejabat lainnya.

 Pj Sekda Tangsel, Bambang Noertjahjo mengatakan bahwa pada 2019, Kota Tangsel mendapat penghargaan sebagai kota layak anak. “Dengan dilantiknya pengurus APSAI 2021-2024, kami berharap Tangsel bisa mempertahankan penghargaan tersebut. Pemkot Tangsel berharap APSAI bisa mensinergikan perusahaan-perusahaan dengan hak anak, di antaranya dengan melibatkan anak dalam berbagai kegiatan CSR, seperti ikut menanam pohon, dan lain sebagainya,” tutur Bambang.

 Bambang juga menuturkan pesan yang disampaikan oleh Walikota Tangsel, Airin. “Kami sadar betul, tidak mungkin pemerintah mampu berjalan sendiri tanpa adanya dukungan dari para pengusaha. Besar harapan saya setelah dibentuknya APSAI ini dapat berjalan berdampingan antara pemerintah dan pengusaha untuk bersama-sama memperhatikan hak-hak anak melalui program-program yang masing-masing dimiliki oleh perusahaan-perusahaan terutama yang sudah tergabung dalam APSAI Kota Tangsel,” papar Bambang.

 Sementara, Ketua Umum APSAI Pusat, Luhur Budijarso sangat mengapresiasi pembentukan APSAI Tangsel. “Di Provinsi Banten, baru di Tangsel yang sudah terbentuk APSAI, dan akan menjadi percontohan bagi kabupaten kota yang lain sehingga ini akan memicu kabupaten kota yang lain untuk membentuk APSAI juga,” tukasnya.

 Dia menambahkan, setiap pelaksanaan mengacu pada AD/ART Pusat atau instruksi Kementerian PPPA sebagai leading sektor perlindungan anak agar senantiasa sejalan beriringan untuk bersama-sama, mewujudkan Indonesia Layak Anak melalui kerjasama kegiatan yang responsif tentang anak.

 Sementara, dalam paparannya melalui virtual, Dra. Lenny mengatakan, ada 4 pilar pembangunan anak berdasarkan pasal 72 UU No.35/2014, di antaranya sinergi unsur pemerintah, masyarakat, dunia usaha, dan media.

 “Dengan cara protect kewajiban melindungi hak anak, respect kewajiban menghormati hak anak, fulfill kewajiban memenuhi hak anak, semoga dengan dilantiknya APSAI Kota Tangsel dapat mendorong mewujudkan kewajiban tersebut.

 Sedangkan, Ketua terpilih APSAI Tangsel, Thohirudin ST., MM., menyampaikan optimismenya untuk mewujudkan Tangsel sebagai Kota Layak dan Ramah Anak.

 “Kami pengurus yang baru saja dilantik akan segera menyusun program kerja APSAI Tangsel. Yang pertama kami lakukan adalah mendata perusahaan-perusahaan yang telah menerapkan fasilitas layak anak di perusahaan terkait, misal ruang laktasi, ruang tunggu anak, dan lain lain sebagainya,” paparnya.

 Dia menambahkan, pada intinya, pengurus APSAI akan segera bekerja untuk mewujudkan Kota Layak Anak sebagaimana yang telah dicanangkan Presiden RI, Joko Widodo.(rls)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya