oleh

Harga Daging Sapi Naik, Stok Pangan Aman Jelang Ramadan

TANGERANG-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang pastikan pasokan pangan di wilayahnya aman jelang Ramadan. Hal ini diketahui, usai Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) setempat melakukan sidak di Pasar Anyar pada Selasa (6/4).

Kepala Bidang Perdagangan Disperidagkop UKM Kota Tangerang, Eni Nuraeni memastikan stok bahan pokok aman. Kendati sejumlah barang mengalami kenaikan signifikan. “Untuk stok masih aman dari mulai bahan pokok dan bahan penting dari mulai sembako, sayuran dan sebagainya aman,” ujarnya.

Ia menyebut, ketersediaan komoditas di Kota Tangerang tetap aman karena keberadaan Pasar Induk Tanah Tinggi. Di sana, kebutuhan pangan selalu tersedia. “Karena kita diuntungkan punya Pasar Induk. Artinya untuk pasokan selalu ada, paling kendalanya hanya telat-telat dikit seperti akibat hujan,” katanya.

Dia mengungkapkan, harga bahan pokok juga stabil. Meskipun ada beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan tetapi tidak drastis. Sebut saja cabai yang mencapai Rp 70 ribu per kilogram.

“Kalau untuk harga masih stabil hanya ada beberapa komoditi yang naik seperti ayam, telur, cabai ada yang naik dan turun. Cabai domba yang naik terus, cabai merah gede agak naik dari Rp 60 ribu jadi Rp 70 ribu,” ungkapnya.

Menurutnya, kenaikan harga bahan pokok yang masih dikategorikan stabil ini merupakan hal yang wajar karena momentum menjelang Ramadan 2021. “Sebetulnya momen menjelang bulan Ramadan kan biasa. Bila momen suka terjadi kenaikan, tapi biasanya setelah bulan puasa stabil lagi. Naik lagi nanti pas mau Lebaran,” tuturnya.

Saat melakukan sidak, dirinya menerima keluh-kesah beberapa pedagang. Salah satunya pedagang daging sapi. Mereka mengeluhkan lambatnya pengiriman impor dari Australia serta terbatasnya ketersediaan daging lokal.
Adapun dalam rangka menindaklanjuti keluhan pedagang daging tersebut, pihaknya segera berkoordinasi dengan instansi terkait.

“Kami koordinasi dengan Kemendag dan Bulog. Jika terjadi kelangkaan, maka kita harus operasi pasar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Tapi tadi sidak masih aman terkendali,” ucapnya.

Harga daging sapi jelang Ramadan mengalami kenaikan hingga mencapai Rp 130 ribu per kilogram. “Dari rumah potong naik terus, kalau di sini kan normalnya Rp 120 ribu. Sekarang sudah Rp 130 ribu per kg,” terang salah satu pedagang daging sapi di Pasar Anyar, Banong.

Terlebih saat menjelang bulan puasa, kebutuhan akan meningkat dan harga daging akan terus beranjak naik. “Ramadan tahun sebelumnya naik terus semoga aja Ramadan tahun ini tidak naik,” imbuhnya.(ifn/mde/cmb/bnn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya