oleh

Benih Lobster Dicampur dengan Sayuran, Gagal Diselundupkan ke Singapura

TANGERANG-Aparat gabungan berhasil menggagalkan penyelundupan Benih-Bening Lobster (BBL) melalui Bandara Soekarno-Hatta. Benih lobster itu rencananya akan dikirim ke Singapura, Selasa (6/4).

Namun aparat gabungan dari Polres Bandara, Bea Cukai, dan Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) mengendus rencana tersebut. BBL itu terungkap di lini kargo 530 dengan modus menggunakan invoice berupa sayuran.

“Jumlah BBL setelah dilakukan pencacahan sebanyak 72.290 ekor, dengan perincian jenis pasir sebanyak 72.105 ekor dan jenis mutiara sebanyak 185 ekor,” kata Kepala BKIPM, Rina, Rabu (7/4).

Berdasarkan pengembangan kasus ini, polisi sudah mengantongi identitas pelaku. “Profiling pelaku sudah didapatkan dan dalam pengembangan tim gabungan Puskari BKIPM, Pusat KKIP Barantan dan Polressus Bandara Soetta,” tambahnya.

Rina menerangkan, jumlah sesuai invoice sebanyak 74 koli, dimana 34 koli berisi BBL yang dicampur dengan selada air yang dimasukan dalam 255 kantong plastik dan 40 koli berisi ubi dan buncis. Packing menggunakan box sterofoam.

Polisi juga sudah melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk melepaskan kembali puluhan ribu benur itu. “Sudah dilakukan koordinasi dengan BBKIPM Jakarta 1 unit pencacahan/penyegaran dan LPSPL Serang unit pelepas liaran BBL,” ujarnya. (bnn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya