oleh

Bupati Pandeglang Tekankan Kades Harus Jadi Problem Solver

PANDEGLANG – Kepala Desa (Kades) Giripawana, Kecamatan Mandalawangi terpilih, Heri Yasin (43), terjebak macet dan harus memutar mencari jalan untuk bisa menuju lokasi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Kades Terpilih Periode 2021-2027 di Alun-alun Pandeglang, Senin (8/11/2021) pagi.

Sebanyak 207 kades terpilih hasil Pilkades Serentak 2021, pada 17 Oktober lalu dilantik dan diambil sumpah jabatannya oleh Bupati Pandeglang, Irna Narulita.

Heri yang kembali terpilih untuk periode ketiga sebagai Kades Giripawana ini datang menuju lokasi pelantikan bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan sang istri, Suci Lestari.

“Ini periode ketiga saya terpilih kembali jadi Kades Giripawana, sejak tahun 2008. Alhamdulillah ini berkat kepercayaan dan amanah dari masyarakat,” ujar Heri, usai pelantikan kepada Tangsel Pos.

Dirinya menjelaskan, pada periode ketiganya ini akan lebih fokus pada pemberdayaan masyarakat dan layanan kesehatan. Sebab, pembangunan infrastruktur yang menjadi kewenangan pemerintah desa sudah selesai sekitar 80 persen.

“Jalan lingkungan dan fisik lainnya sudah selesai sekitar 80 persen. Kali ini kami fokus pada layanan kesehatan sesuai dengan fokus pemerintah pusat untuk penanganan pandemi Covid-19 dan pemberdayaan masyarakat,” kata anak dari anggota DPRD Pandeglang, Yasin ini.

Sementara, Bupati Pandeglang, Irna Narulita berpesan kepada kades yang dilantik untuk amanah dalam menjalankan tugasnya. Selain itu kades harus menjadi problem solver, bukan sebaliknya menjadi masalah di desa.

“Kades harus jadi problem solver, bukan menjadi masalah baru. Jangan terlalu euforia, Anda harus mulai bekerja. Rangkul calon kades kalah agar pelaksanaan pemerintahan desa bisa berjalan dengan baik,” pesan Bupati Irna.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Pandeglang, Doni Hermawan mengatakan, tahapan terakhir dari Pilkades Serentak 2021 usai pelantikan adalah pembekalan. Pembekalan dilaksanakan dalam tiga gelombang. “Selasa besok langsung pembekalan, setiap gelombang 70 orang kades,” ujar Doni.(rie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya