oleh

Ini Khasiat dan Manfaat Daun Binahong

TANGERANG-Daun binahong atau dengan nama latin anredera cordifolia merupakan tanaman merambat yang punya banyak khasiat dan manfaat. Bahkan sudah menjadi obat herbal di China dan Korea sejak ratusan tahun lalu. Tanaman binahong banyak tumbuh di benua Asia, Australia, dan Amerika.

Salah satunya yang rajin mengonsumsi daun binahong adalah Henny Nuryani. Perempuan asal Tangerang yang sejak 1987 menderita diabetes. Mulai 2006, ia mulai merasakan diabetes. Sering buang air kecil dan BAB, badan sering gatal, dan sulit tidur.

“Dulu saya konsumsi obat daonil dan obat suntik setiap hari sejak 2006. Tahun 2018 saya coba konsumsi daun binahong dan itu karena dikasih tahu teman,” terangnya.

Setelah mengonsumsi binahong, Henny mulai meninggalkan obat yang diberikan dokter. “Rasanya badan, makan, dan tidur enak,” pungkas Henny.

Banyak cara untuk mengonsumsi daun binahong. Di antaranya, direbus atau dicampur dengan bumbu makanan lain. Henny sendiri memilih untuk memakan daun binahong secara utuh setelah dipetik langsung dari pohonnya.

Rekomendasi untuk konsumsi binahong diterima Henny bukan dari dokter, ahli gizi atau professor farmasi, melainkan temannya yang menderita diabetes juga. Itu menjadi salah satu bukti kalau daun binahong sudah bukan menjadi rahasia umum di kalangan masyarakat Indonesia.

Ekstrak daun binahong mengandung zat aktif saponin yang berfungsi menurunkan kadar glukosa darah. Tidak hanya untuk diabetes, daun binahong malah banyak digunakan untuk penyakit ginjal di Korea.

Guru Besar Farmasi ITB, Prof. Yulin Elinah mengaku sudah 13 kali mengujicoba khasiat dan manfaat daun binahong dalam penelitian ilmiah skala internasional dan nasional. Hasilnya, daun binahong banyak sekali manfaatnya. Mulai dari anti tuberculosis, anti diabetes, menurunkan tekanan darah, sebagai obat gagal ginjal, dan juga obat penyembuhan luka.(mg3/yudisthira)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya