oleh

Sesuaikan Perda Terbaru, Tarif Jasa Medis di Puskeswan Pandeglang Berubah

PANDEGLANG – Mulai 1 November 2021 pelayanan kesehatan hewan di Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Pandeglang memiliki aturan baru dalam setiap pemberian tindakan jasa medis pelayanan kesehatan hewan, yakni sesuai Peraturan Daerah Kabupaten Pandeglang Nomor: 9 Tahun 2021 tentang Retribusi Jasa Usaha yang telah ditandatangani Bupati Pandeglang pada 24 Juni 2021.

Dikutip dari laman resmi laman Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang distan.pandeglangkab.go.id dijelaskan bahwa semula berdasarkan Perda Nomor: 11 Tahun 2011 besaran tarif pelayanan lama dihitung per ekor, sedangkan berdasarkan perda yang baru besaran tarif pelayanan Puskeswan Pandeglang dihitung berdasarkan tindakan medis yang diberikan.

“Perubahan tarif layanan kesehatan hewan Puskeswan Pandeglang ini berdasarkan Perda Kabupaten Pandeglang Nomor: 9 Tahun 2021. Berlaku mulai 1 November 2021,” ungkap Kepala UPT Puskeswan Pandeglang Ade Setiawan, Kamis (11/11/2021).

Sebagai gambaran, jelas Ade, jika seekor hewan diberikan tindakan medis berupa pemberian antibiotik dan vitamin di Puskeswan Pandeglang, pemilik hewan akan dibebankan biaya masing-masing Rp 10.000 per tindakan atau satu ekor dikalikan dua tindakan medis masing-masing Rp 10.000,- = Rp.20.000,-.

Sedangkan untuk tindakan medis pemberian antiparasit dan anticacing masing-masing biayanya sebesar Rp 20.000 per tindakan.

“Biaya setiap tindakan medis tersebut diberlakukan bagi semua hewan yang datang ke Puskeswan Pandeglang baik hewan kesayangan (kucing, anjing, kelinci), hewan ternak kecil maupun ternak besar,” jelasnya.

Dia mengaku, besaran tarif pelayanan kesehatan hewan di Puskeswan Pandeglang saat ini lebih beragam karena sekarang ada penyesuaian tarif tergantung pelayanan kesehatan yang didapat nantinya.

Oleh karena itu Ade berharap masyarakat yang akan memeriksa kesehatan hewan dapat menyesuaikan dengan adanya tarif terbaru yang dapat diakses informasinya di laman Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang.

“Untuk biaya konsultasi dokter hewan, pemeriksaan maupun pengobatan hewan yang sakit Insyaallah masih terjangkau oleh masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut Ade Setiawan menjelaskan bahwa Puskeswan yang terletak di Jalan Raya Pandeglang-Serang ini merupakan satu-satunya UPT Puskeswan di yang melayani wilayah kerja 35 kecamatan di Kabupaten Pandeglang.

“Puskeswan ini memang hanya ada satu di Kabupeten Pandeglang, oleh karena itu untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan hewan mulai tahun 2022, rencana kedepan pelayanan Puskeswan akan kita tingkatkan dengan mengembangkan Puskeswan Pembantu di wilayah dua Pandeglang (lokasi sekitar Kecamatan Labuan ) dan di wilayah tiga Pandeglang (lokasi sekitar Kecamatan Cibaliung),” tuturnya.

Rencana pengembangan Puskeswan Pembantu atau Pos Kesehatan Hewan tersebut diakui Ade bisa terwujud jika SDM Puskeswan Pandeglang, obat dan alat kesehatan hewan juga tersedia secara memadai.(rie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya