oleh

Mana Yang Lebih Sehat. Minum Kopi Panas atau Kopi Dingin

JAKARTA – Banyak orang punya persepsi kalau belum minim kopi belum lengkap. Sekarang Wanita pun banyak juga yang menggemari minuman kopi. Kopi panas dan es kopi sama-sama jadi favorit banyak orang, namun dari sisi nutrisi, mana sih yang lebih sehat? Begini penjelasan ilmiahnya.

Jadi salah satu minuman paling populer di dunia, kopi punya banyak penggemar. Kopi bisa dinikmati dalam keadaan panas atau dingin. Kopi panas biasanya diminum saat sarapan, sedangkan es kopi dikonsumsi jelang siang atau sore hari.

Masing-masing minuman kopi ini punya penggemar. Bagi penikmat kopi panas biasanya suka karena rasa kopi lebih ‘nendang’. Lalu pencinta es kopi menyukai sensasi segar dari minuman berkafein ini.

Namun dari segi nutrisi, mana yang lebih menyehatkan? Secangkir kopi panas atau segelas es kopi?

Kandungan asam dan antioksidan kopi panas vs es kopi

Lebih Sehat Kopi Panas atau Es Kopi? Ini PenjelasannyaKopi panas dan es kopi punya perbedaan kandungan asam dan antioksidan.

Mengutip The List (11/1/2022), membicarakan nutrisi kopi panas vs es kopi tak lepas dari cara menyiapkannya. Dr. Maheinthan Yogeswaran menjelaskan kalau es kopi mengandung lebih sedikit asam (less acidic) dan sifatnya lebih halus untuk sistem pencernaan.

Es kopi sering kali disamakan dengan cold brew, padahal metode penyeduhannya berbeda. Hal ini rupanya turut mempengaruhi kandungan nutrisinya.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Scientific Reports, kopi yang diseduh dengan air panas memiliki lebih banyak antioksidan dibanding kopi cold brew. Penelitian ini juga mencatat kalau antioksidan cold brew akan lebih sedikit saat dibuat dengan biji kopi dark roast.

Kandungan kafein kopi panas vs es kopi

Kopi juga identik dengan senyawa kafein yang bersifat sebagai stimulan alami. Berkat kafein, usai minum kopi seseorang bisa merasa lebih fokus, berenergi, bersemangat, dan lebih waspada.

Soal kafein kopi panas vs es kopi, jumlahnya lebih sedikit pada es kopi atau cold brew. Tiap 100 gram penyajian kafeinnya hanya sekitar 40 mg. Minuman ini bisa jadi pilihan pas untuk pencinta kopi yang lebih sensitif dengan kandungan kafein.

Sebaliknya, pada kopi panas, kandungan kafeinnya bisa mencapai 60 mg per 100 gram penyajian. Hal ini ternyata berkaitan dengan proses penyeduhan yang kemudian mempengaruhi tingkat pH kopi.

Tergantung cara menyiapkannya

Lebih Sehat Kopi Panas atau Es Kopi? Ini Penjelasannya Kandungan kalori es kopi bakal berlebih jika ditambahkan banyak sirup dan gula 

Ada banyak cara membuat kreasi minuman kopi, baik panas maupun dingin. Saat membuat kopi panas yang diseduh dengan filter kertas, kabarnya kopi panas bakal lebih sehat.

Filter kertas tersebut bersifat menghambat kolesterol jahat yang ada di dalam kopi. Metode seduh kopi dengan filter kertas ada pada teknik V-60 dan Pour Over Coffee yang digemari banyak pencinta kopi panas.

Lalu pada es kopi, nutrisinya juga tergantung cara menyiapkannya. Jika kamu minum es kopi hitam saja, tentu manfaat sehatnya bakal maksimal.

Segelas es kopi cold brew disebut pakar bisa mengurangi risiko penyakit jantung karena kandungan nutrisinya. Mulai dari kafein, senyawa fenolik, sampai magnesium. Minum es kopi cold brew juga bisa menstabilkan kadar gula darah dan menurunkan tekanan darah.

Sebaliknya, jika es kopi yang kamu pilih adalah yang ditambahkan banyak sirup dan gula, maka es kopi jadi tergolong minuman tidak sehat. Menurut penelitian Public Health, bahan tambahan pada es kopi ini bisa menambah asupan 69 kalori per hari!

Sama-sama bisa redakan stress

Minum kopi panas maupun es kopi sama-sama bisa meredakan stres. Hal ini lantaran aroma kopi yang muncul saat proses penyeduhan hingga ketika minuman kopi disajikan.

Sebuah penelitian tahun 2018 mengungkap aroma kopi bisa meningkatkan aktivitas gen tertentu di dalam otak.

Dengan mencium aroma menenangkan seperti kopi, otak kabarnya akan memproduksi hormon endorfin yang memicu rasa bahagia. (NET/AY)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya