oleh

Eksotic Flowers, Ubah Limbah Plastik Jadi Bunga

PAMULANG-Dede Subaili (46), warga Pamulang Timur ini bisa menjadi inspirasi untuk pengelolaan limbah plastik. Di tangan dia, sampah plastik menjadi barang lebih berguna. Jadi karya seni.

Dede menyulap limbah plastik tersebut menjadi barang karya seni yakni, bunga imitasi. “Yang namanya plastik kan ada sisa, dan itu limbah yang akan mengganggu lingkungan. Daripada kita buang begitu aja kan, menjadi pencemaran. Lebih baik dimanfaatkan untuk lebih berguna dan memiliki nilai,” ujar Dede, Pemilik Eksotic Flowers di Pamulang Timur, Kecamatan Pamulang.

Eksotic Flowers dibangun sejak 2019. Tempat ini difokuskan untuk mengubah plastik menjadi bunga imitasi. Berbagai jenis plastik bisa diolah sedemikian rupa. “Kalau plastik limbah bisa, atau plastik yang masih bagus juga gak papa. Tapi kalo untuk marketnya secara besar ya, jumlah banyak butuhnya plastik yang bagus. Tapi kalau untuk kreasi di rumah saja ya pakai plastik limbah,” papar Dede.

Berbagai bentuk bunga telah dibuatnya. Mulai dari ukuran mini hingga besar. Bunga plastik yang dibuat Dede  berasal dari hasil imajinasi. Bentuk dan ukuran tiap bunga yang dibuatnya itu berbeda-beda, tidak ada yang sama satu sama lain.

“Ya, bunga ini dibuat itu sudah pasti limited edition. Sukar untuk dibuat sama. Ini kan namanya bunga plastik. Saya gak mengikuti dari bunga yang asli. Jadi terkadang saya ambil dari imajinasi, dari batang, daun, bunga dan putiknya,” terangnya.

Peminatnya dari berbagai kalangan, penjualannya memanfaatkan media sosial. Untuk bunga plastik mini dijual seharga Rp 20 ribu, bunga plastik ukuran sedang seharga Rp 60 ribu, dan ukuran besar dijual hingga ratusan ribu rupiah. Tidak hanya memanfaatkan limbah plastik untuk dijadikan karya seni, namun Dede juga memanfaatkan limbah kain untuk dijadikan pot bunga.

“Nah, kalau potnya ini, itu terbuat dari kain atau baju bekas. Dari pada dibuang, lebih baik kita manfaatkan menjadi pot. Dari limbah semua itu,” tukasnya.(mg1/hadid)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya