oleh

Airlangga Resmikan Gedung Inkubasi UMKM di UMJ, Ajak Mahasiswa Jadi Wirausahawan

CIPUTAT TIMUR – Menteri Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto meresmikan gedung Inkubasi UMKM di Universitas Muhamadiyah Jakarta (UMJ), Ciputat Timur, Rabu (15/09). Dalam peresmian itu juga Airlangga berkesempatan memberikan kuliah umum.

“Inkubasi ini adalah wadah untuk menetaskan wirausaha baru, inkubasi atau secara digital sering disebut sebagai warming space,” ujar Airlangga yang menambahkan bahwa tempat ini merupakan salah motivasi peningkatan kesejahteraan pelaku UMKM di Indonesia.

Dia menerangkan, bahwa gedung ini sangat diperlukan agar ide-ide bisa muncul di dalamnya. Idenya pun bisa dilakukan secara berkelompok atau individu. Yang terpenting harus ada akses yang mudah bagi para mentor melakukan pengembangan terhadap ide yang ada.

” Jadi mereka dibiarkan beride membuat gagasan, kreasi, atau apapun dan diberikan mentoring,” kata Airlangga dan melanjutkan, jika ini berhasil maka maka akan menetas wirausaha baru.

Selain itu nantinya inkubasi ini menjadi bagian pada anggota sehingga bisa jadi one system modal. Mulai dari financing atau pegadaian, kredit usaha rakyat kemudian kredit komersial itu perlu. Sehingga pembinaan tidak hanya dilakukan terhadap pelaku usahanya saja. Melainkan dari pemilik modal pun perlu diedukasi.

Dia menambahkan bahwa inkubasi bisnis itu nantinya akan menciptakan sebuah ekosistem. Karena itu biasanya anggota inkubasi ini bisa berhasil secara kelompok. ”Jadi bentuklah kelompok dan kelompok itu tentu menyepakati apa yang ingin dibuat,” ujar Airlangga.

Saat ini, Airlangga melanjutkan yang bisa di akselerasi apa yang menyangkut dengan digital. Sehingga inkubasi juga perlu merekrut tenaga-tenaga di bidang ilmu teknologi yang nantinya akan bertugas sebagai instruktor.

Acara kunjungan Airlangga ke kampus UMJ ini didampingi Rektor UMJ Ma’mun Murod, Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie, Wakil Walikota Tangerang Selatan Pilas Saga Ichsan, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Muti, serta Ketua Kesatuan Perempuan Partai Golkar Airin Rachmi Diany. (irm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya