oleh

Giliran Relawan TRC Dinsos Sambangi Bocah Disabilitas

PONDOK AREN-Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangsel merespon cepat vitalnya anak berkebutuhan khusus dapat bantuan dari polisi. Tim Reaksi Cepat (TRC) Dinsos mendatangi kediaman anak tersebut di Jalan Pendidikan RT 03/021 Kelurahan Parigi, Kecamatan Pondok Aren.

“Berdasarkan informasi dan pemberitaan dari media terkait adanya anak disabilitas yang membutuhkan bantuan, kami mengecek langsung ke keluarganya,” kata Nurul Samini yang memimpin TRC Dinsos ke lokasi.

Menurutnya, anak bernama Haibibah Khaila Wajni (10) sudah terdaftar di Yayasan Sayap Ibu Bintaro yang menampung anak-anak terlantar dan pusat rehabilitasi.

“Waktu itu, kami pernah mendata. Karena sudah terdaftar di Yayasan Sayap Ibu. Artinya pemerintah setempat sudah mengetahui. Namun tetap, akan kami laporkan kepada pimpinan,” ujarnya.

Kedatangan tiga orang relawan pekerja sosial disambut Desi Robianti (31), ibu sang anak tersebut. Dia berharap, agar kondisi buah hatinya itu dapat perhatian lebih dari pemerintah.

“Alhamdulilah kemarin ada bantuan dari Pak Polisi. Terima kasih atas perhatiannya kepada anak saya. Walaupun fisiknya seperti ini, dia mengerti dan mendengar kalau diajak ngomong,” pungkasnya.

Menurutnya, anaknya itu sejak lahir mengalami kondisi lemas. Keluarga terus merawat dengan penuh perhatian. Bahkan sehari-harinya, Haibibah hanya mengkonsumsi susu. Sedangkan untuk konsumsi bahan makanan yang lain tidak bisa. Keluarga pernah mencoba untuk memasukan ke salah satu sekolah. Hanya saja pihak sekolah tidak bisa menerima.

Kepala Dinsos Kota Tangsel, Wahyunoto Lukman mengungkapkan, pihaknya akan melakukan pengumpulan informasi (asesment) untuk kebutuhan pendampingan penguatan mental dan keterampilannya.

“Atas informasi dan pemberitaan dari media terkait anak disabilitas (anak kebutuhan khusus) di Kecamatan Pondok Aren. Dinsos melalui TRC dan relawan pekerja sosial Pondok Aren sudah melakukan home visit ke keluarganya,” kata Wahyu.

Sebelumnya, Bhabinkamtibmas Polsek Pondok Aren yang bertugas di Kelurahan Parigi, Bripka M.Yamin tak kuasa melihat seorang anak perempuan digendong ibunya dengan kondisi memprihatinkan. Dirinya pun langsung menjenguk dan memberikan bantuan.(din)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya