oleh

Keren, Kemenag Kota Tangsel Punya Podcast

SERPONG-Inovasi dalam pelayanan masyarakat terus dilakukan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Salah satunya dengan meluncurkan podcast. Kemenag mengenalkan podcast miliknya pada Senin (13/9).

Tayangan podcast itu diberi nama “Kemenag Tangsel Podcast”. Penayangan pertama ditandai perbincangan Kepala Kantor Kemenag Kota Tangsel Abdul Rojak tentang urgensi keberadaan podcast.

Rojak mengungkapkan, soal peluncuran podcast menyangkut keterbukaan informasi publik yang menjadi keharusan sesuai dengan peraturan pemerintah. Diimplementasikan dalam berbagai hal.

Lanjutnya, setelah menggunakan saluran website dan media sosial, saluran podcast dipilih untuk memaksimalkan penyebarluasan informasi tentang Kementerian Agama. Khususnya terkait kebijakan dan kegiatan di lingkungan Kemenag Tangsel.

“Perkembangan teknologi informasi saat ini menjadikan podcast sebagai salah satu saluran informasi yang diminati masyarakat. Kami ingin hadir di situ,” ujarnya.

Mengapa podcast? Dia menuturkan, pergeseran jenis media informasi saat ini terus terjadi. Podcast hadir dan menjadi pilihan bagi sebagian khalayak. Melalui podcast, pihaknya ingin menyebarluaskan berbagai hal tentang Kemenag Kota Tangsel, termasuk program, kebijakan, capaian kinerja, dan informasi lainnya kepada masyarakat.

“Misalnya terkait pedoman pelaksanaan ibadah di masa pandemi, atau kebijakan Kementerian Agama lainnya, akan kami sampaikan ke masyarakat melalui semua saluran media yang kami miliki, termasuk podcast,” tegasnya.

Dirinya berharap agar selalu terdepan dalam memberikan pelayanan dan inovasi. Targetnya memberikan kemudahan kepada masyarakat juga. Sebab semua aktivitas pekerjaan Kemenag Kota Tangsel adalah pelayanan. Mulai dari pembinaan, ibadah umrah dan haji, pendidikan, wakaf dan lain-lain.

Dirinya optimis hadirnya podcast informasi akan diterima masyarakat lebih cepat dan luas..”Pengelolaan podcast dilakukan di bawah Sub Bagian Umum dan Humas. Sejumlah rencana telah disusun untuk memaksimalkan keberadaan perangkat yang dimiliki dengan mengundang bukan saja para pejabat kantor, tapi juga para tokoh lintas sektoral,” tuturnya.

Humas Kemenag Kota Tangsel, Azharul Fuad Mahfudh mengaku merasa bangga dengan adanya podcast Kemenag Tangsel yang merupakan podcast pertama di Kemenag Kabupaten/Kota di Indonesia.

“Tentunya ini tidak akan terwujud tanpa kontribusi dan dukungan dari keluarga besar Kemenag Tangsel. Dan kalau bukan Kepala Kantornya Bapak Abdul Rojak, mungkin podcast Kemenag Tangsel ini sulit terwujud, mengingat belum adanya anggaran,” ucapnya.

Ia berharap keberadaan podcast Kemenag Tangsel ini dapat memberi kontribusi positif dan dapat meningkatkan informasi dan pelayanan kepada masyarakat. (din)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya