oleh

Ini Harapan Masyarakat dari Aksi Lintas Komunitas Bersihkan Sungai Cisadane

SETU-Lintas komunitas bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel membersihkan sampah di bantaran Sungai Cisadane. Aksi ini mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Salahsatunya dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kampung Wisata Keranggan.

“Alhamdulillah kami melakukan bersih-bersih sampah, di bantaran Sungai Cisadane serta mengangkat sampah-sampah yang tersangkut pasca terbawa arus. Oleh relawan, diangkut menggunakan tali yang ditarik dari atas jembatan,” kata Alwani, ketua Pokdarwis Kampung Wisata Keranggan.

Pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 21 Februari 2021, lintas komunitas membersihkan bantaran Sungai Cisadane. Aksi ini bentuk dari kecintaan akan kebersihan lingkungan yang dihadiri juga Dirjen Pengendalian dan Pencemaran Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Sedikitnya ada 50 komunitas, pesertanya dibatasi setiap komunitas 2 orang delegasi. “Maka masyarakat sebagai garda depan dalam penanggulangan masalah sampah harus terus diedukasi, diberikan pemahaman betapa pentingnya menjaga lingkungan dan kebersihan terutama kebersihan di lingkungannya masing-masing,” jelasnya.

Diharapkan dari peringatan Hari Peduli Sampah Nasional ini, dengan kegiatan aksi bersih Sungai Cisadane mampu memberikan kesadaran kepada masyarakat betapa pentingnya menjaga kebersihan, merawat aliran sungai agar tidak terhambat sampah. Selain itu diharapkan mampu memberikan perubahan pola perilaku masyarakat ke arah yang lebih maju dan ramah terhadap lingkungan.

“Kegiatan aksi bersih Cisadane ini pun menjadi ajang silaturrahmi para penggiat komunitas dari berbagai bidang dan berharap tetap terus berkolaborasi sebagai kontrol sosial yang mampu menjaga lingkungan dan memberikan menfaat bagi masyarakat luas,” tutup Alwani.(din)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya