oleh

Bersihkan Eceng Gondok di Situ Rompong, Warga Cempaka Putih Minta Perahu

CIPUTAT TIMUR-Warga sekitar Situ Rompong, Kelurahan Cempaka Putih, Kecamatan Ciputat Timur membersihkan eceng gondok. Selama ini tumbuhan tersebut merusak keindahan situ, karena hampir menutupi permukaan air.

Ketua RT 5/5 Kelurahan Cempaka Putih, Chalimi menerangkan, sekitar 30 warga bergotong-royong membersihkan eceng gondok di pinggir hingga di tengah situ. “Satu sisi, eceng gondok juga sangat bermanfaat bagi ekosistem situ seperti ikan dan lain-lain. Tapi juga untuk keindahan memang kurang enak, sehingga oleh kami dibersihkan,” ujarnya.

Tujuan kegiatan ini pertama adalah memperindah kawasan situ, selain memang hal pertama didapat yaitu kebersihan. Tujuan kedua adalah memperlancar aliran air terlebih curah hujan cukup tinggi. Dengan mengangkat eceng gondok dapat memperluas daya tampung air masuk ke situ. Curah hujan dengan intensitas tinggi, butuh muara yang besar.

“Debit air tinggi harus pada tempatnya yaitu situ. Kalau tidak ada tampungannya dampaknya berbahaya terhadap lingkungan. Situ Rompong tentunya dapat menampung dengan kapasitas air banyak. Situ juga bermanfaat untuk mengatasi kekeringan ketika kemaru melanda,” tambah ia.

Warga juga berharap kepada pemerintah selaku pemangku kebijakan agar memberikan perahu untuk dapat digunakan ketika membersihkan eceng gondok. Selama ini warga sekitar hanya memanfaatkan rakit dari bambu. “Kami bersama warga mengharapkan ada bantuan, entah dari pemerintah pusat atau dinas terkait agar saat membersihkan sampah lebih mudah. Kami selama ini melakukan kegiatan kerja bakti dengan alat seadanya,” tuturnya.(din)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya