oleh

Satu Pasien Omicron Asal Tangsel Meninggal Dunia, Ini Keterangan Resmi RS Sari Asih Ciputat

CIPUTAT –  Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan kabar bahwa terdapat dua pasien yang diduga terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron meninggal dunia. Salah satu dari pasien tersebut yakni asal Tangerang Selatan. 

Almarhum, diketahui sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Sari Asih Ciputat, Tangerang Selatan. 

Melalui pernyataan resminya, Humas RS Sari Asih Ciputat, Dr.dr.Fitriyati Irviana, MM, membenarkan hal tersebut. Pasien yang diduga meninggal akibat terpapar Omicron tersebut, berinisial MR (64) 

“Pasien inisial MR,64 datang ke IGD (Instalasi Gawat Darurat) pada tanggal 11 Januari 2022 dengan beberapa keluhan dan penurunan kesadaran,” papar dokter Fitriyati melalui keterangan pers yang diterima pada Minggu (23/1/2022).

Berdasarkan hasil pemeriksaan dan observasi, pasien memiliki riwayat penyakit komorbid. 

“Saat dilakukan diagnosa penyakit melalui rontgen, tes antigen dan PCR Swab, pasien dinyatakan positif Covid-19,”  ujarnya. 

Saat itu kondisi pasien kian menurun. Sehingga pihak rumah sakit berkeputusan untuk memindahkan yang bersangkutan dari IGD ke ruang Intensive Care Unit (ICU) untuk mendapati perawatan intensif. 

Namun pada keesokan harinya, tepatnya pada hari kedua perawatan pasien dinyatakan meninggal, pada 12 Januari 2022 lalu. 

“Pasien diduga terinfeksi Covid-19 varian Omicron berdasarkan pemeriksaan SGTF (S gene target failure), namun belum dilakukan Whole Genome Sequencing (WGS),” tuturnya. 

Kepastian jenis varian, kata pihak rumah sakit, hanya dapat dilakukan melalui pemeriksaan WGS. 

“(Sedangkan pasien) baru akan direncanakan pemeriksaan WGS di beberapa hari kemudian. Karena untuk menegakkan diagnosa omicron memerlukan tiga tahapan, yaitu RT PCR, SGTF, dan genom sequencing / WGS. Pasien sudah meninggal di hari kedua perawatan di ICU Isolasi,” tandasnya. (RMN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya