oleh

Angkut Ratusan Ton Sampah Banjir, DLH Kota Tangerang Terjunkan 524 Petugas

TANGERANG-Banjir di Kota Tangerang tak hanya menimbulkan penderitaan. Tapi juga mengakibatkan sampah menumpuk. Selama dua hari banjir melanda, sebanyak 278 ton sampah telah diangkut.

Kepala Bidang Kebersihan dan Pengelolaan Sampah untuk Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang, Yudi Pradana menerangkan, sampah yang dihasilkan dalam kurun waktu dua hari sejak banjir menerjang Sabtu (20/2) hingga Senin (22/2) cukup banyak yakni, ratusan ton.

DLH langsung sigap menangani persoalan sampah di kala banjir. Total ada 524 petugas dengan 104 bentor dan 37 armada dump truk saber yang langsung terjun ke lokasi banjir. Sampah tersebut berasal dari 12 kecamatan yang terdampak banjir.

“Sampai pukul 16.00 WIB Senin, kita sudah mengangkat 278 ton sampah di beberapa lokasi yang sudah surut sepeti di Ciledug Indah I, dan beberapa wilayah lainnya di Kota Tangerang. Ini belum termasuk dari daerah-daerah yang masih tergenang banjir ya,” kaya Yudi.

Sampah yang diangkut kemudian dibuang di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing. Dimana, untuk mempercepat proses pembersihan dan pembuangan sampah TPA Rawa Kucing pihaknya telah membuat jalur khusus.

“Kita buka pintu dua TPA Rawa Kucing sebagai jalur khusus untuk mempercepat proses pembuangan sampah yang kita bersihkan dari sampah yang kita kumpulkan dari sisa banjir kemarin,” lanjutnya.

Sementara, Walikota Tangerang Arief R Wismansyah meminta agar DLH ikut mengantisipasi terjadinya peluang terburuk yang akan terjadi termasuk banjir.

“Segera petakan titik-titik kebocoran tanggul dan langsung lakukan penambalan, buat juga penahan air tambahan di sekitar tanggul,” ujar Arief.

Walikota juga menugaskan kepada jajaran Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk melakukan pengurangan debit air di embung dan tandon agar dapat digunakan sebagai penampungan air sementara saat intensitas curah hujan tinggi. (irf/mde/bnn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya