oleh

Wagub Dukung Polda Pakai Slogan Pendekar Banten

SERANG-Wakil Gubernur (Wagub) Banten, Andika Hazrumy yang juga Ketua DPP Persatuan Pendekar Persilatan dan Seni Budaya Banten Indonesia (PPPSBBI) memastikan para jawara persilatan di Banten akan mendukung program Polda Banten dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Dijelaskan Andika, Pemerintah Provinsi Banten mengapresiasi visi dan program kerja Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho.

“Saat ini Bapak Kapolda memiliki program dengan slogan Pendekar Banten yang senantiasa dapat diimplementasikan pada segenap personel Polda Banten yang mengayomi dan dekat dengan masyarakat,” kata Andika dalam sambutannya pada acara kunjungan Kapolda Banten Irjen Rudy Heriyanto ke Padepokan Debus Surosowan di Kota Serang, Senin (22/2).

Andika menambahkan, jika melihat ke dalam konteks sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia, keberadaan pendekar atau jawara berhubungan erat dengan kekuatan dan keberanian pejuang untuk melawan kekuasaan kolonial dan berlanjut sampai perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Lanjutnya, pada era perjuangan mempertahankan kemerdekaan RI, ulama dan pendekar atau jawara mampu berkonsolidasi. Karena keinginan untuk mengusir penjajah merupakan hal yang begitu mendasar dalam pemikiran para ulama dan jawara sebagaimana mayoritas masyarakat Banten.

Untuk itu, kata dia, seluruh elemen masyarakat khususnya pelaku seni budaya dan silat Banten agar bersatu meningkatkan partisipasi dalam pembangunan ke depan. Sebagaimana visi yang telah dicanangkan yaitu mewujudkan masyarakat Banten yang maju, mandiri, berdaya saing, sejahtera dan berakhlakul karimah.

Kapolda Banten, Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho dalam sambutannya mengatakan, bahwa semangat pendekar Banten harus tertanam dalam setiap personel Polda Banten dan unit kerjanya di Tanah Jawara ini. “Sosok Pendekar Banten ini, harus ada di semua personel Polda Banten dan Polres jajaran,” katanya.

Implementasinya, lanjut Rudy, bahwa seluruh personel di Polda Banten dan unit kerjanya harus menjadi polisi yang mempunyai empati, mengayomi, dan dekat dengan masyarakat. Kapolda memakai jargon Pendekar Banten untuk menanamkan sikap dan tekad tersebut.(yul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya