TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Emas SEA Games, Erick Minta Prestasi Harus Jadi Tradisi

Laporan: AY
Jumat, 26 Mei 2023 | 20:08 WIB
Foto ; Ist
Foto ; Ist

JAKARTA - Ketua Umum PSSI Erick Thohir menegaskan prestasi medali emas pada pentas SEA Games 2023 Kamboja bakal menjadi titik baru prestasi sepakbola di tanah air.

Hal itu disampaikan Erick Thohir dalam sambutannya saat pelantikan pengurus PSSI periode 2023-2027 di Jakarta, Jumat (26/5).

Menurutnya, prestasi medali emas SEA Games 2023 Kamboja setelah 32 tahun sangat spesial, sehingga dia meminta kepada para pengurus PSSI untuk menjadikan prestasi sebagai tradisi baru di organisasi ini.

"Kami bukan spesial. Hanya saja, medali emas di SEA Games Kamboja kemarin sangat spesial. Oleh sebab itu, momen pelantikan pengurus ini menjadi titik baru untuk menjadikan prestasi sebagai tradisi di PSSI," ujar Erick.

Erick menambahkan, tantangan untuk menjaga tradisi prestasi tidak pernah mudah karena Indonesia akan tampil di berbagai event dengan kualitas tinggi.

Mulai dari menjadi tuan rumah Piala Asia AFC U-23, kualifikasi Piala Dunia 2026, dan melakoni berbagai laga FIFA Matchday untuk menaikkan peringkat di rangking FIFA.

"Termasuk melawan Palestina yang peringkatnya di atas kita, serta melawan Argentina sebagai ajang uji nyali. Dan di olahraga itu urusannya nyali dan mental. Jika kita tidak pernah lawan yang kuat dan tim-tim besar, maka kita tidak akan pernah maju," tegasnya.

Demi prestasi tetap terjaga, Menteri BUMN Kabinet Indonesia Maju itu menjelaskan kini salam PSSI mengalami perubahan, dari yang sebelumnya dijawab 'Juara' sekarang jawabnya 'Tradisi'.

Makna 'Tradisi' bagi PSSI membawa transformasi PSSI saat ini salah satunya ingin merubah tradisi, diantaranya diawali dengan sebuah transparansi keuangan.

"Tradisi artinya apa, bahwa PSSI harus transparan dalam pengelolaan keuangannya," lanjutnya.

Selain keuangan, iklim pertandingan, prestasi yang harus kian moroket, yang tak kalah penting adalah perlu pembinaan konsisten sejak usia dini, dan berkelanjutan. 

"Tradisi juga menciptakan iklim pertandingan sepak bola yang bersih, tradisi juga punya prestasi, tradisi pembinaan yang menyeluruh dari bawah tentunya, dan tradisi-tradisi lainnya yang menjadi komitmen jangka panjang," tambahnya.

Erick melanjutkan pelantikan kepengurusan inti dan 12 anggota executive committee juga menjadi awal dari tanggung jawab yang lebih besar untuk membangun sepakbola dan dunia olahraga nasional.

"Karena itu, saya mengharapkan dukungan dari Kemenpora, KONI, dan KOI, serta semua ketua cabang olahraga untuk berkolaborasi dalam membangun olahraga Indonesia agar makin berbicara di level internasional," lanjutnya.

Pelantikan kepengurusan PSSI periode 2023-2027 itu dilakukan Ketua KONI Pusat, Marciano Norman. Turut hadir dalam acara itu, Menpora Dito Ariotedjo dan Ketua KOI, Raja Sapta Oktohari. (RM.id)

Komentar:
Eka hospital
Jadwal Puasa
Rspb
RsPB
Loker
ePaper Edisi 28 Maret 2024
Berita Populer
02
PKS Jagokan Kader Di Pilkada Tangsel

TangselCity | 2 hari yang lalu

06
Prakiraan Cuaca Tangerang Rabu 27 Maret 2024

Pos Tangerang | 2 hari yang lalu

10
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo