TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Erick Thohir Kibarkan Nasionalisme Bangsa Di Laga FIFA Matchday Lawan Argentina

Oleh: Farhan
Sabtu, 17 Juni 2023 | 16:32 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan, kehadiran Timnas Argentina ke Indonesia dalam laga FIFA Matchday membawa semangat dan gairah insan sepak bola nasional.

Erick Thohir optimis, para pemain timnas akan menampilkan pertandingan terbaiknya sehingga bisa meraih hasil positif saat menghadapi Argentina di FIFA Matchday pada 19 Juni di Stadion Utama Gelora Bung Karno nanti.

“Apa pun hasilnya nanti, kita harus dukung dan apresiasi perjuangan pemain Timnas Indonesia. Yang pasti harus tampilkan yang terbaik, ini akan menjadi pengalaman berharga untuk semua pemain, supaya membawa terbang Garuda lebih tinggi,” kata Erick Thohir dikutip dari akun Instagram @erickthohir, Sabtu, (17/6).

"Kalau kemarin sama Palestina aja draw ya kenapa sama Argentina nggak draw? Gimana kita nggak optimis jadi negara maju, nasionalisme kita berkibar sekarang," tambahnya. Indonesia menjadi negara tujuan kedua Argentina dalam tur Asia setelah China.

Sebelumnya di Beijing, Tim Tango mengemas kemenangan 2-0 atas Australia. Dalam rombongan pemain ke Indonesia terdapat 24 pemain yang dibawa pelatih Argentina Scaloni.

Termasuk, beberapa nama penyumbang gelar juara dunia seperti Emiliano Martinez, Julian Alvarez, Marcos Acuna, Cristian Romero, Leandro Paredes, dan Rodrigo De Paul.

Sementara Lionel Messi, Angel Di Maria, dan Nicolas Otamendi pulang ke Argentina setelah menjalani laga di China.

Pengamat sepak bola Bayu Aji mengatakan, kehadiran Timnas Argentina ke Indonesia juga memberikan indikasi atau simbol kebangkitan sepak bola.

Suksesnya Ketua Umum PSSI Erick Thohir mendatangkan Timnas Argentina membangkitkan kebanggaan dan rasa nasionalisme bangsa Indonesia.

Menurut Bayu Aji, rasa optimisme dan nasionalisme yang disampaikan Erick Thohir kepada skuad Timnas Indonesia jelang menghadapi Argentina di FIFA Matchday sangatlah positif.

Hal itu harus mendapat dukungan penuh dari semua pihak, baik para pemain maupun suporter sepak bola Indonesia.

"Optimisme untuk mendapatkan poin melawan Argentina tentu sikap positif yang harus didukung oleh semua pecinta sepak bola, suporter dan lebih khusus timnas sendiri dengan mempersiapkan tim yang siap mental bertanding serta menyiapkan strategi yang tepat melawan Argentina,” kata Bayu Aji kepada wartawan, Sabtu (17/6).

Menurut Bayu Aji, sepak bola di Indonesia merupakan alat perjuangan bangsa, dan dalam sejarahnya dibentuk dengan rasa nasionalisme di era kolonial.

Di awal kemerdekaan, kata Bayu Aji, sepak bola menjadi alat nasionalisme dan diplomasi ke dunia Internasional, dan timnas Indonesia pernah memiliki sejarah di masa lalu dapat mengimbangi tim-tim besar dari Eropa.

Oleh karena itu, seruan Erick Thohir soal nasionalisme dalam sepak bola adalah hal positif yang sangat tepat saat ini.

“Mental yang kuat untuk menunjukkan nasionalisme melalui prestasi dalam sepak bola bisa menjadi modal berharga untuk bermain habis-habisan di atas lapangan hijau demi sang saka merah putih,” ucapnya.

Hal yang penting lagi dari pertandingan melawan Argentina adalah untuk meningkatan kualitas permainan serta pengalaman mental bertanding Timnas Indonesia, karena berhadapan dengan tim juara Piala Dunia.

"Sehingga di level yang sepadan timnas Indonesia bisa berprestasi. Timnas Indonesia harus bermain tenang dan lepas, serta disiplin dalam bertahan dan menyerang. Semoga mendapatkan hasil positif,” harapnya. 

Senada dengan Bayu Aji, pengamat sepak bola lainnya Fadly Idris optimis Timnas Indonesia bisa menyeimbangi permainan Argentina setelah mampu bermain imbang dengan Palestina di FIFA Matchday pertama.

Secara peringkat, Palestina di atas Indonesia. Namun skuad Garuda berhasil menguasai jalannya pertandingan dan beberapa kali memberikan ancaman ke gawang Palestina.

“Kita tahu bersama bahwa permainan Timnas Indonesia saat melawan Palestina itu sangat-sangat baik, bukan sekadar bisa mengimbangi tapi bisa lebih baik dari Timnas Palestina, kita memiliki banyak peluang, kita memiliki banyak kesempatan untuk mencetak gol, kita menguasai pertandingan,” ujar Fadly Idris, kepada wartawan Sabtu, (17/6)

Dikatakan Fadly Idris, absennya Lionel Messi, Nicolas Otomendi, Angel Di Maria dan Lautaro Martines tidak menjadi masalah. Justru, ia melihat ini sebagai peluang bagi Asnawi Cs untuk mencuri poin pertandingan melawan Argentina nanti sangat terbuka lebar.

“Mudah-mudahan dengan melawan Timnas Argentina sendiri yang kita tahu bersama banyak tidak dihuni oleh pemain-pemain kelas dunianya, kekurangan Messi, kekurangan Otamendi, Di Maria dan Martines itu juga sudah cukup membantu, dan mudah-mudahan kita bisa mengambil poin saat menghadapi Argentina,” paparnya

Fadli Idris optimis, dengan kualitas pemain dan performa yang bagus saat ini, skuad Garuda bisa menahan imbang Argentina.

"Saya optimis dengan skuad yang ada sekarang ini, dilakukan banyak uji coba maupun disatukan visi dan misinya dan peluang yang ada bisa dimanfaatkan sebaik mungkin, sehingga kita bisa memberikan perlawanan yang cukup baik terhadap Timnas Argentina. Saya pikir semua bisa berbicara banyak dan semua bisa berharap mudah-mudahan pemain-pemain kita bisa memaksimalkan peluang yang ada,” harap Fadly Idris.

Fadly Idris pun mengakui pertandingan FIFA Matchday antara Indonesia kontra Argentina ini membawa manfaat besar bagi pemain Garuda, yang mana mereka bisa mengambil pengalaman, dan pastinya menguatkan mental para pemain dalam menghadapi tim-tim besar nanti.

“Memang FIFA matchday ini salah satu cara untuk timnas mendapatkan pengalaman maupun mengasah mental, serta juga memadukan skuad yang ada. Mudah-mudahan FIFA Matchday ini kita bisa memaksimalkan sehingga kita bisa berbicara banyak di event-event selanjutnya, seperti piala AFF kemudian Piala Asia dan nantinya skuad yang ada sekarang juga bisa berbicara banyak di kualifikasi Piala Dunia 2024,” paparnya

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo