TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Fokus Pemetaaan Di 3 Kelurahan Padat Penduduk

Tangsel Menuju Kota Lengkap

Laporan: Idral Mahdi
Rabu, 23 Agustus 2023 | 07:00 WIB
Kantor BPN
Kantor BPN

SERPONG - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional tengah mencanangkan beberapa Kota Lengkap di Indonesia. Kota Lengkap tersebut adalah kota dengan bidang tanah yang telah terpetakan dan terdata dalam satu sistem.

 Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Shinta Purwitasari mengaku akan fokus melakukan pemetaan di tiga kelurahan. Yakni Kelurahan Kademangan, Kelurahan Cilenggang, dan Kelurahan Serpong lantaran di wilayah ini sudah cukup padat.

 "Karena data di tiga kelurahan ini hampir 100 persen terpetakan dan tahun ini kita maksimalkan pemetaannya. Apabila masih ada yang belum terbit sertifikat, akan kita lengkapi di tahun berikutnya," ujarnya.

 Shinta melanjutkan, kualitas data yang dimiliki masih banyak yang perlu diperbaiki, sehingga tahun ini pihaknya hanya fokus di tiga kelurahan tersebut. Kemudian, diperlukan waktu yang cukup banyak untuk menjadikan Tangsel Kota Lengkap, yang merupakan program Pemerintah Pusat.

 "Poin pentingnya adalah untuk memetakan bidang di kelurahan-kelurahan secara bertahap, sebagai langkah menuju Kota Lengkap agar proses pendaftaran tanah berjalan cepat, tepat dan pasti," ujarnya.

 Diketahui, Kota Lengkap memberikan sejumlah keuntungan bagi masyarakat dan juga negara. Seperti kepastian hukum hak atas tanah dan kepastian hak ekonomi rakyat.

"Selain itu, meminimalkan terjadinya sengketa dan konflik pertanahan, sehingga kepemilikan tanah menjadi aman dan tentram. Jika tidak ada sengketa, keamanan kepemilikan tanah dapat berjalan beriringan dengan pembangunan ekonomi," pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo