TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Olahraga Ini Bikin Panjang Umur, Risiko Kematian Berkurang 47 Persen

Oleh: Mg.1
Sabtu, 26 Agustus 2023 | 12:45 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Aktivitas memperkuat otot seperti angkat beban, ternyata perlu menjadi bagian rutinitas olahraga mingguan para orang dewasa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dengan menambah rutinitas tersebut dengan latihan aerobik, bisa menurunkan risiko kematian seseorang. 

Untuk orang dewasa di atas 65 tahun, disarankan agar tetap aktif secara fisik dan melakukan aktivitas yang dapat meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan fleksibilitas. Kegiatan tersebut setidaknya dilakukan sebanyak dua kali dalam satu minggu.

Lakukan aktivitas tersebut selama 150 menit dengan intensitas sedang dalam waktu seminggu.

Berdasarkan studi yang diterbitkan oleh British Journal of Sports Medicine dengan mewawancara 150.000 orang di atas usia 60 tahun terkait dengan rutinitas olahraga mereka, ditemukan bahwa mereka yang melakukan olahraga sedang selama 150 menit sesuai rekomendasi itu hidup lebih lama.

Mereka menggabungkan latihan aerobik dengan aktivitas penguatan otot sekali atau dua kali dalam satu minggu. Ditemukan, mereka memiliki risiko kematian 47% lebih rendah dari sejumlah pemicu termasuk kanker, selama sembilan tahun ke depan.

Selain itu, ditemukan juga bahwa hanya dengan melakukan olahraga angkat besi saja, dapat menurunkan risiko kematian hingga 9-22 persen. Sementara itu, latihan aeorobik dapat menurunkan risiko sebanyak 24-34 persen.

Contoh latihan aerobik yang memompa jantung dan paru-paru yakni jalan cepat, lari, bersepeda, dan berenang.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo