TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Matchday: Indonesia Vs Turkmenistan

Misi Perbaiki Peringkat Dunia

Oleh: Farhan
Jumat, 08 September 2023 | 08:25 WIB
Para pemain saat sesi latihan dibawah pelatih STY .
Para pemain saat sesi latihan dibawah pelatih STY .

SURABAYA - Timnas senior Indonesia akan menjamu Turkmenistan pada FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, malam ini. Selain menambah pengalaman, duel ini juga upaya memperbaiki Indonesia di peringkat dunia.

Kemenangan dalam la­ga nanti akan mengantarkan tim Merah Putih naik tiga peringkat.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong sudah mempersiapkan tim sebaik mungkin di FIFA Matchday September 2023. Dia memanggil pemain-pemain terbaik di Liga 1 serta beberapa yang berkarier di luar negri.

Selain itu, Timnas Indonesia memiliki catatan bagus di empat la­ga terakhir FIFA Matchday dengan mendapatkan satu kemenangan, dua imbang dan satu kekalahan. Sementara, Turkmenistan di empat laga terakhir FIFA Matchday selalu menelan kekalahan.

Timnas Indonesia juga memiliki rekor bagus saat berhadapan dengan Turkmenistan. Pasalnya, dari dua laga, Timnas Indonesia mampu meraih satu kemenangan dan satu imbang.

Sementara mengenai peta kekuatan menjelang laga nanti, Timnas Indonesia saat ini sedang menempati peringkat ke-150 dun­ia dengan mengumpulkan 1047.46 poin. Sementara, Turkmenistan berada di posisi ke-138.

Dengan demikian, kemenangan atas Turkmenistan membuat Timnas Indonesia mendapatkan tambahan 5,41 poin. Indonesia pun akan mengumpulkan 1053.07 dan naik ke posisi 148 dunia.

Duel ini akan menjadi duel yang penuh emosional bagi pe­main naturalisasi Sandy Walsh. Karena ini pertama kalinya dia mengenakan jersey Timnas Indonesia di laga internasional.

Walsh mengakui akan sangat emosional jika mampu mencetak gol di debut perdananya bersama Timnas Indonesia. Namun de­mikian, fokusnya saat ini adalah membantu Skuad Garuda mere­but poin di FIFA Matchday ini.

Sebenarnya saya hanya fokus menjadi sehat, dan siap untuk Jumat. Tentu akan emosional jika saya mencetak gol,” ujar Walsh.

Walsh begitu antusias menatap laga debut yang sudah ditungg-tunggu sejak lama. Dia pun fokus menjaga kondisi agar tidak lagi mengalami cedera jelang pertandingan.

“Terima kasih atas kesempatannya, dan peluang menjalani debut di hari Jumat. Jadi, sa­ya fokus penuh untuk Jumat. Latihannya sedikit lebih mudah dari sebelumnya, tapi ini mem­beri bahan bakar untuk Jumat nanti,” jelasnya.

Namun, kabar tidak baik da­tang dari Yakob Sayuri. Pemain PSM Makassar ini dipastikan absen membela Indonesia mela­wan Turkmenistan. Berdasarkan hasil MRI(Magnetic Resonance Imaging), dia mengalami cedera hamstring.

Yakob mengalami cedera saat PSM Makassar menghadapi menghadapi Persis Solo, Minggu (28/8/2023). Media Officer PSM Makassar, Sulaiman Karim kemudian mengonfirmasi pemain berusia 24 tahun itu batal mera­pat ke skuad Merah Putih.

Endri Erawan selaku Manajer Timnas Indonesia membeber­kan kondisi terkini Yakob usai dipastikan batal merapat ke TC Timnas Indonesia.

Menurut hasil MRI, dia men­galami cedera hamstring dan diharuskan beristirahat selama dua pekan.

Selain Yakob, Shayne Pattynama juga dipastikan batal bergabung lantaran mengalami cedera saat membela Viking FK. Selain Pattynama, dua pemain yakni Dimas Drajad dan Yance Sayuri juga mengalami cedera, namun tetap hadir di Surabaya.

Alih-alih memanggil nama ba­ru, Shin Tae-yong memutuskan untuk meminjam tiga pemain Timnas Indonesia U-23, yakni Alfeandra Dewangga, Dony Tri Pamungkas dan Dzaky Asraf.

“Coach Shin sudah kita tan­yakan untuk me-replace dua pemain Yakob dan Shayne, dan menurut coach Shin, tidak perlu. Tidak perlu ditambah pe­main, tetap 24 pemain. Ternyata belum sampe Surabaya ada lagi yang cedera. Dimas sama Yance, makanya U-23 ditarik ke Surabaya,” ujarnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo