TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

China Kepincut Investasi Di Sektor Mobil Listrik

Oleh: MEL/AY
Kamis, 28 Juli 2022 | 08:11 WIB
Menteri Marves Luhur Pandjaitan, Menteri Luar Negeri China dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (Ist)
Menteri Marves Luhur Pandjaitan, Menteri Luar Negeri China dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (Ist)

CHINA - Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) China Li Keqiang dan Presiden China Xi Jinping di Beijing secara terpisah di Beijing, Selasa (26/7).

“Kerja sama yang dibahas dalam pertemuan itu antara lain bidang investasi berkualitas untuk pembangunan ekonomi hijau. Antara lain di sektor energi terbarukan, pengembangan industri baterai dan pengembangan green industrial park,” terang Retno dalam siaran pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (26/7).

Selain itu, lanjutnya, Jokowi dan Xi juga membahas peningkatan investasi pengembangan industri hilirisasi petrokimia dan sektor telekomunikasi serta semikonduktor.

Dalam kunjungan tersebut, kedua negara juga telah menyepakati pembaruan nota kesepahaman (MoU) Sinergi Poros Maritim Dunia dan Belt Road Initiative, MoU Kerja sama Pengembangan dan Penelitian Vaksin dan Genomika, MoU mengenai Pembangunan Hijau, dan Pengaturan Kerja sama Kelautan.

Kemudian, protokol mengenai ekspor nanas Indonesia, Pengaturan Kerja Sama Pertukaran Informasi dan Penegakan Pelanggaran Kepabeanan, serta Rencana Aksi Kerja Sama Pengembangan Kapasitas Keamanan Siber dan Teknologi.

Retno juga menyampaikan, sejumlah perusahaan China berminat untuk melakukan investasi sektor energi di Indonesia. Dia pun telah beberapa kali melakukan pertemuan dengan investor China, guna membahas hal ini. Salah satu pertemuan itu dilakukan pada 25 Juli lalu.

“Menko Marves dan saya telah melakukan beberapa pertemuan dengan investor China, yaitu Tongkun Holding Group Co dan Xinfengming Group Co di bidang pembangunan mata rantai petrokimia di Kalimantan Utara,” tutur Retno.

Pertemuan juga dilakukan dengan Chery Automobile Co. Ltd mengenai investasi kendaraan listrik dan baterai UV serta dengan Synfuels China Technology Co Ltd mengenai investasi proyek transisi energi, pengolah coal to liquid (CTL) dan gas to liquid (GTL).

Terakhir, urainya, pertemuan dengan Fuhai Group mengenai investasi pengembangan pabrik besi dan baja, pabrik kimia batubara, pembangkit listrik, manufaktur mesin, kilang minyak, pelabuhan di kawasan industri di Jambi.

Sebagai informasi, setelah berkunjung ke China, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana, bertolak ke Tokyo, Jepang, Selasa. Presiden beserta rombongan yang menggunakan pesawat Garuda Indonesia GIA-1 tiba di Bandar Udara Internasional Haneda di Tokyo pada Rabu (27/7).

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Negara dalam penerbangan ke Tokyo yaitu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menlu Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, serta Menteri Investasi/ Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia. (rm.id)

Komentar:
Eka hospital
Jadwal Puasa
Rspb
RsPB
Loker
ePaper Edisi 28 Maret 2024
Berita Populer
02
PKS Jagokan Kader Di Pilkada Tangsel

TangselCity | 2 hari yang lalu

07
Prakiraan Cuaca Tangerang Rabu 27 Maret 2024

Pos Tangerang | 2 hari yang lalu

10
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo