TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Mendag Ucapkan Terima Kasih Kepada Presiden Jokowi

China Tambah Impor 1 Juta Ton CPO RI

Oleh: OKT/AY
Kamis, 28 Juli 2022 | 15:42 WIB
Mendag Ucapkan Terima Kasih Kepada Presiden Jokowi. (Ist)
Mendag Ucapkan Terima Kasih Kepada Presiden Jokowi. (Ist)

JAKARTA - China berkomitmen untuk menambah impor crude palm oil atau CPO sebanyak 1 juta ton dari Indonesia. Komitmen itu disampaikan saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri China Li Keqiang di Villa 5, Diaoyutai State Guesthouse, Beijing, Selasa (26/7).

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyambut sukacita keberhasilan Presiden Jokowi itu.

"Beliau selamatkan dan sejahterakan jutaan petani sawit," kata Mendag yang akrab disapa Zulhas itu, usai menghadiri Pembukaan Pasar Hasil Bumi dan Produk UMKM, di Serang, Banten, Kamis (28/7).

Mendag Zulhas menilai, tambahan pembelian CPO dari Tiongkok sangat penting bagi petani sawit di dalam negeri dan eksportir CPO. Jutaan petani terselamatkan dan makin sejahtera dengan tambahan pembelian ini.

"Secara khusus kami mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi," ucapnya.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri China (Premier) Li Keqiang. Presiden Jokowi berharap kerja sama Indonesia-RRT dapat terus ditingkatkan.

Selain berkomitmen menambah impor CPO 1 juta ton, China juga berkomitmen untuk mengurai permasalahan logistik ekspor CPO ke Negeri TIrai Bambu itu.

Dalam hal ini, China akan memberikan tambahan kapal untuk keperluan ekspor tersebut. Begitu juga dengan komitmen China untuk memprioritaskan impor produk pertanian dari Indonesia.

Presiden Jokowi dan Li Keqiang juga membahas kerja sama pembangunan Green Industrial Park di Kalimantan Utara.
Dengan tambahan impor CPO dari Tiongkok ini, Mendag Zulhaz berharap produsen CPO akan membeli tandan buah segar (TBS) dengan harga yang wajar.

"Dengan permintaan Tiongkok ini, harga TBS diharapkan terus merangkak naik hingga di atas Rp 3.000 per kilogram," harapnya.

Menurut Mendag Zulhas, pembelian CPO dari China ini tidak akan mengganggu stok bahan baku minyak goreng di dalam negeri sehingga kebutuhan minyak goreng tidak akan terganggu. Dengan stok yang melimpah, harga minyak goreng juga akan tetap stabil sesuai HET, yakni Rp 14.000 per liter.

"Saya menjamin bahwa harga minyak goreng tidak akan naik dan akan tetap stabil. Saat ini stok bahan baku minyak goreng sangat melimpah. Tangki-tangki CPO di dalam negeri masih penuh," jelasnya.

Mendag Zulhas kembali menegaskan, skema DMO dan DPO masih tetap dipertahankan untuk menjamin suplai bahan baku minyak goreng ini tetap stabil. Sehingga, harga minyak goreng curah dan kemasan premium di dalam negeri juga akan tetap stabil.

"Skema DMO dan DPO akan kami longgarkan setelah semua produsen minyak goreng dan industri CPO berkomitmen menjamin bahwa baku minyak goreng tetap ada secara kontinu," tandasnya. (rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo