TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Prabowo Banjir Ucapan Selamat Dari Dalam Serta Luar Negeri

Laporan: AY
Jumat, 22 Maret 2024 | 08:45 WIB
Prabowo Subianto saat menerima Dubes AS untuk ASEAN Yohannes Abraham. Foto : Ist
Prabowo Subianto saat menerima Dubes AS untuk ASEAN Yohannes Abraham. Foto : Ist

JAKARTA - Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden terpilih usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan keduanya sebagai pemenang Pilpres, pada Rabu (20/3/2024) malam. Tak lama setelah ditetapkan sebagai pemenang, Prabowo dan Gibran banjir ucapan selamat. Tak hanya dari tokoh dalam negeri, ucapan selamat juga datang dari para pemimpin dunia.
Dari dalam negeri, pertama kali datang dari Ketum Partai NasDem Surya Paloh. Siangnya, ucapan selamat datang antara lain dari Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf atau akrab disapa Gus Yahya.
"PBNU mengucapkan selamat kepada yang telah berhasil katakanlah memenangkan kompetisi, selamat kepada Pak Prabowo dan Pak Gibran Rakabuming Raka atas ditetapkannya sebagai pemenang pilpres," kata Gus Yahya di Kantor PBNU, Jakarta, Kamis (21/3/2024).
Imam Besar Masjid Istiqlal yang juga Rektor Universitas PTIQ Jakarta Prof Nasaruddin Umar mengucapkan selamat kepada Prabowo dan Gibran  sebagai presiden dan wakil presiden pada periode yang akan datang. Dalam ucapan tersebut, Nasaruddin berharap Prabowo-Gibran bisa membuat Indonesia semakin jaya.
"Semoga Allah memberkati kita semuanya dan semoga bangsa Indonesia insya Allah semakin jaya di bawah kepemimpinan Bapak (Prabowo)," kata Nasaruddin, dalam sebuah video singkat, Kamis (21/3/2024).

Ucapan selamat juga datang dari berbagai pemimpin dunia. Prabowo pun menyambut baik ucapan tersebut dan membagikannya di media sosial pribadi miliknya. Ucapan selamat itu disampaikan melalui berbagai cara. Ada yang melalui telepon, surat dan juga melalui media sosial.
Ucapan selamat itu antara lain datang dari Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim. Dalam akun media sosial miliknya, Anwar mengaku telah menelepon Prabowo untuk menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan dalam pemilihan presiden Indonesia yang baru saja berakhir.

Anwar mengatakan, dari yang disampaikan Prabowo, ia menjadi pemimpin pertama yang mengucapkan selamat setelah pengumuman resmi hasil Pemilu oleh KPU. "Hal itu cukup bermakna karena melambangkan nilai persahabatan Malaysia dan Indonesia yang sangat istimewa sebagai negara tetangga yang dekat dan penting," kata Anwar.
Presiden Singapura Tharman Shanmugaratnam dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong menyampaikan ucapan selamat melalui surat bertanggal 20 Maret 2024. "Atas nama rakyat Singapura, saya ingin menyampaikan ucapan yang tulus atas terpilihnya Anda sebagai Presiden ke-8 Republik Indonesia," kata Tharman seperti dikutip Channel News Asia, Kamis (21/3/2024).

“Mandat kuat yang Anda terima, menunjukkan tingginya kepercayaan rakyat Indonesia terhadap kemampuan Anda dalam memimpin Indonesia menuju kemajuan yang lebih besar," sambungnya.

Ia berharap, hubungan Indonesia dan Singapura makin lekat. "Kami bekerja sama untuk memperkuat hubungan bilateral, demi kepentingan rakyat kedua negara," tutur Tharman.
PM Lee juga berharap, hubungan baik dan persahabatan Singapura-Indonesia terus terjalin. Kata dia, Singapura selalu menghargai wawasan Prabowo tentang perkembangan regional dan global.
Tharman dan Lee mendoakan Prabowo agar senantiasa sehat dan sukses, serta berharap bisa segera berjumpa.
Selain itu, ucapan selamat datang dari PM Jepang, Fumio Kishida. Ucapan selamat itu disampaikan Kishida melalui surat resmi yang diberikan oleh Duta Besar Jepang di Indonesia.

Dalam surat itu, Kishida juga menyinggung peningkatan hubungan Jepang dengan Indonesia. Kishida berharap, Jepang dan Indonesia terus bekerja sama dalam menangani situasi regional maupun internasional.

Ucapan selamat kemudian datang dari Presiden Swiss, Viola Amherd. Ucapan itu disampaikan oleh Amherd dalam surat resmi kepresidenan yang diberikan oleh Duta Besar Swiss untuk Indonesia Olivier Zehnder ke Prabowo di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Rabu (20/3).
Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al-Saud, juga memberikan ucapan selamat. Raja Salman mendoakan semoga Prabowo bisa sukses dalam memimpin Indonesia dan membawa masyarakatnya semakin maju dan sejahtera. Selain itu, ia juga memuji hubungan baik antara kedua negara serta akan berupaya untuk memperkuat kerja sama di segala bidang.
Prabowo juga mendapat selamat dari ⁠Presiden Sri Lanka, Ranil Wickremesinghe; Perdana Menteri Albania, Edi Rama; Presiden Timor Leste José Ramos-Horta; Sultan Brunei  Hassanal Bolkiah; Mantan Perdana Menteri Thailand, Thaksin Sinawatra; ⁠Mantan Perdana Menteri Inggris, Tony Blair; Menteri Luar Negeri Turki, Hakan Fidan; Presiden Nicaragua Daniel Ortega, dan Raja Yordania Abdullah II.
Selain itu, ucapan selamat datang PM India, Narendra Modi; PM Inggris, Rishi Sunak; Presiden Rusia, Vladimir Putin; Presiden China, Xi Jinping, dan Presiden Filipina, Bongbong Marcos. Ucapan selamat juga datang PM Spanyol, Pedro Sanchez; Presiden Uni Emirat Arab, Mohammed Bin Zayed, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo