TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pendukung AMIN Kecewa, Surya Paloh Ucapkan Selamat Ke Prabowo-Gibran

Laporan: AY
Jumat, 22 Maret 2024 | 10:00 WIB
Ketum Nasdem Surya Paloh (tengah) saat konferensi pers di kantor Nasdem. Foto : Iste
Ketum Nasdem Surya Paloh (tengah) saat konferensi pers di kantor Nasdem. Foto : Iste

JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem Surya Paloh jadi sorotan di dunia maya. Ucapan selamat kepada pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang dilontarkan Paloh, dianggap mematahkan semangat juang pemilih Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) yang ingin bertarung hingga ke Mahkamah Konstitusi (MK).
Dalam pengumuman hasil peng­hitungan suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta, Rabu (20/3/2024), Prabowo-Gibran ke­luar sebagai peraih suara terbanyak pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 dengan raihan lebih dari 96 juta suara.
Sementara, pasangan AMIN memperoleh sekitar 40 juta suara dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD meraih 27 juta suara.

Dengan raihan 96 juta suara atau lebih 50 persen dari total suara, Prabowo-Gibran din­yatakan memenangkan Pilpres satu putaran. Surya Paloh ikut bereaksi atas pengumuman KPU. Namun, sikapnya diang­gap mendua.
Di satu sisi, Paloh menghor­mati keputusan Timnas AMIN yang akan melakukan gugatan ke MK. Di sisi lain, mantan politisi Partai Golkar ini me­nyatakan, NasDem menerima hasil penghitungan suara Pemilu 2024 yang dilakukan KPU.
Bahkan, Paloh juga mengu­capkan selamat kepada Prabowo-Gibran yang dinyatakan memenangkan Pilpres 2024.

“Nasdem mengucapkan sela­mat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024,” ujar Paloh di Jakarta, Rabu (20/3/2024) malam.
Pengamat politik dari Lingkar Madani Ray Rangkuti menilai, sikap Paloh yang menghormati keputusan yang diambil Timnas AMIN atas hasil Pilpres 2024, hanya basa-basi. Sebab, secara keorganisasian, Partai NasDem sudah memutuskan menerima hasil Pemilu.

Artinya, selesai. NasDem menerima. Kalau pun dia tetap melakukan sengketa pemilu, itu ikut-ikutan saja. Semangatnya su­dah tidak ada lagi dalam gugatan itu (hasil Pilpres),” kata Ray.

Pernyataan Paloh terhadap ha­sil Pemilu 2024 juga mendapat banyak sorotan netizen. Para pendukung AMIN di media sos­ial X mengaku kecewa. Kendati begitu, mereka akan all out men­dukung perjuangan Timnas AMIN di MK.
“Kita pendukung Amin dibuat kecewa oleh pernyataan Surya Paloh. Pak Anies dan Cak Imin masih ingin berjuang sampai titik akhir,” tulis akun @putrisakera.
Senada, akun @Hisyamuddi59611 juga meluapkan kekecewaannya atas pernyataan Surya Paloh. Pasalnya, dia sudah habis-habisan mendukung AMIN saat masa kampanye lalu.

“Pak Surya Paloh kok jadi seperti itu. Kasihan pendukung partai Anda. Kapan NasDem bisa besar kalau pemimpinnya seperti itu. Yang tegas dong Pak,” keluh dia.
Sementara, akun @ashari0575 menilai, ucapan selamat Surya Paloh kepada Prabowo-Gibran mengindikasikan, NasDem hanya menggunakan Anies untuk mendongkrak ele­ktabilitas di Pemilu Legislatif (Pileg) 2024.
“Partai NasDem mendapat manfaat besar dengan memajukan Anies Baswedan. Partai lolos ke Senayan dengan perolehan kursi yang lumayan. Terus Surya Paloh mau apalagi? Ya, cukuplah sampai di sini,” kicaunya.

Namun, ada juga netizen yang memiliki prasangka baik terhadap sikap Surya Paloh. Akun @OppungTp menilai, si­kap yang ditunjukan Surya Paloh merupakan wujud nyata seorang negarawanan.
“Terima kasih Om Surya Paloh atas sikap legowo dan kenegarawanannya karena telah menerima keputusan KPU. Opung juga meminta maaf karena selama ini sering menggibahi Om Bewok selama Pileg dan Pilpres ini. Selamat kepada Bapak Prabowo-Gibran, menuju Indonesia Emas 2046,” tulisanya. 

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo