TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Sembako Jangan Sampai Langka

Oleh: Kiki Iswara Darmayana
Sabtu, 23 Maret 2024 | 12:00 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Dua pekan menjelang Lebaran, pasar rakyat dan pasar tradisional mesti dibanjiri sembako murah. Ini penting untuk menurunkan harga sembako yang sekarang ini cukup tinggi dan memberatkan rakyat kecil.
Buruh harian dan orang-orang yang ada di lapisan bawah sangat merindukan beras murah, minyak goreng murah, gula murah, telur murah, daging sapi dan ayam potong murah.
Mereka ingin Lebaran dengan bahagia. Mereka ingin beli baju baru, mereka ingin punya persediaan beras, bisa beli minyak goreng, gula dan telur dengan harga murah.

Untuk itu, kita berharap, Bulog dan BUMN Pangan bersama-sama perusahaan besar swasta produsen sembako membanjiri pasar rakyat dan pasar tradisional.

Rakyat kecil berharap, harga beras kualitas baik, turun ke Rp 12.000 an per kilogram. Mereka juga berharap, ada beras operasi pasar dengan harga Rp 11.000 an per kilogram serta ada pasar murah yang menjual beras dengan harga Rp 10.000 an per kilogram.

Banyak pula yang berharap, bisa memperoleh minyak goreng murah, dengan harga jauh di bawah HET (Harga Eceran Tertinggi). Kemudian menjelang Lebaran nanti, mereka jual daging sapi dan ayam potong.

Oleh karena itu, Bulog, BUMN Pangan dan pedagang besar sapi potong harus bekerjasama memasok daging sapi dan ayam potong ke pasar rakyat dan pasar tradisional dalam jumlah besar.
Kalau berasnya murah, gula murah, minyak goreng dan daging sapi murah, dipastikan rakyat kecil akan gembira dan bahagia saat Lebaran nanti. Oleh karena itu, operasi pasar sembako mesti diperbanyak, baik lokasi maupun jumlah sembakonya.

Sudah saatnya pula para kepala daerah mengajak perusahaan besar yang ada di daerahnya untuk bersama-sama menggelar pasar murah seminggu sekali. Semakin banyak pasar murah digelar, semakin banyak rakyat kecil bisa memperoleh sembako murah.

Supaya harga sembako menjelang Lebaran tidak naik lagi, stok barang di pasar mesti diusahakan selalu berlebih. Kalau ada tanda-tanda pasokan sembako berkurang, cepat banjiri pasar.
Sembako tak boleh langka. Sebab, kalau stok sembako di pasar menipis, harga pasti melonjak. Dan, ini akan memukul rakyat kecil.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo