TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jokowi Ditemani Ganjar Tanam Kelapa Genjah Di Boyolali

Laporan: AY
Kamis, 11 Agustus 2022 | 18:17 WIB
Presiden Jokowi bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Mensekneg Pratikno dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan tanam pohon kelapa Genjah di Boyolali. Foto : Setpres
Presiden Jokowi bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Mensekneg Pratikno dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan tanam pohon kelapa Genjah di Boyolali. Foto : Setpres

JATENG - Presiden Jokowi melakukan penanaman kelapa genjah bersama petani di Desa Giriroto, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (11/8). Kegiatan yang diikuti sekitar 100 petani ini merupakan bagian dari upaya untuk mengantisipasi krisis pangan yang tengah melanda dunia.


“Tiga ratus juta lebih orang sekarang ini berada pada kekurangan pangan akut dan kelaparan. Di beberapa negara sudah mulai, mulai, mulai dan diperkirakan kalau ini tidak ada solusi bisa masuk ke 800 juta orang akan kekurangan pangan dan kelaparan,” ujar Jokowi, seperti dikutip setkab.go.id.


Jokowi pun mendorong Kementerian Pertanian (Kementan) untuk memanfaatkan lahan-lahan tidak produktif dan mendorong masyarakat untuk menanam tanaman pangan. Termasuk cabe.

“Urusan cabe ini harusnya rumah tangga-rumah tangga di desa-desa itu bisa menanam di polybag atau di pekarangannya, sehingga tidak ada yang namanya kita ini kekurangan cabe atau harga cabe naik drastis. Ini yang baru dikerjakan oleh Kementerian Pertanian,” imbuh Kepala Negara.

Kelapa genjah yang ditanam saat ini, lanjut Jokowi, memiliki manfaat sangat banyak. Mulai dari minyak kelapa, minuman, hingga bahan pembuat gula semut.


“Lahan-lahan yang tidak produktif ditanami, seperti sekarang yang kita lakukan, kelapa genjah. Yang nanti hasilnya dua tahun, dua setengah tahun, satu tahun bisa produksi satu pohon bisa 180 buah. Yang itu bisa dibuat gula semut, bisa dibuat minyak kelapa, yang juga bisa dijual buahnya untuk minuman segar,” jelas Jokowi.

Kegiatan penanaman bertajuk Kelapa Genjah Sebar (KEJAR) yang dilakukan Jokowi merupakan satu bagian dari kegiatan “Perkebunan Merdeka”. Penanaman perdana dilakukan di Solo Raya (Sukoharjo, Karanganyar, Boyolali) dengan target 200 ribu batang yang ditanam bertahap dan tersebar di tiga kabupaten tersebut.


“Saya kira ini yang akan terus kita lakukan. Di Solo Raya, di Boyolali kita bagi 46 ribu, di Karanganyar kita bagi 44 ribu, dan Sukoharjo 110 ribu kelapa genjah. Ini baru dimulai di sini. Nanti di provinsi-provinsi yang memang kelapa itu bisa hidup baik akan kita tanami. Targetnya kurang lebih satu juta kelapa genjah,” jelas Jokowi.


Selain penanaman kelapa, juga dilakukan penanaman jagung dan bibit cabe. Turut mendampingi Jokowi dalam kegiatan tersebut yaitu Ibu Iriana, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (AY/US/rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo