TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Tebing Koja, Sisa Tambang Pasir Viral yang Jadi Tempat Wisata

Oleh: Mg.Fikri
Kamis, 23 Mei 2024 | 18:16 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

TANGERANG - Tebing Koja adalah suatu tempat wisata yang berawal dari tambang pasir dan menyisakan tebing batu kapur beserta danau di antara tebing-tebing batu kapur tersebut.

Pemandu wisata Tebing Koja, Feri Irawan, menjelaskan bahwa wisata ini bisa dibilang tidak sengaja adanya, hal ini dikarenakan berawal mula dari persawahan yang digali untuk diambil pasirnya dengan cara manual, yaitu menggunakan tangan masyarakat tanpa bantuan dari alat berat apa pun.

“Awalnya ini galian yang diambil pasirnya, tapi jadi kayak gini secara alami karena ini batu kapur yang ga bisa diapa-apain lagi, ya udah jadi tempat wisata kayak gini,” ucap Feri, Kamis (23/5/2024).

Wisata ini menjadi viral dikarenakan adanya seorang fotografer yang nyasar ke daerah sekitaran Tebing Koja ini lalu dirinya iseng melihat adanya galian pasir yang kini menjadi Tebing Koja.

“Awal promosinya tuh 2017, ada fotografer nyasar ke sini dan foto-foto ini semua terus katanya berhentikan tambang pasirnya karena 1 bulan lagi pasti ramai, ya sudah diberhentikan. Setelah 1 bulan dari dia ke sini rame karena viral,” katanya.

Adanya foto viral yang diunggah oleh fotografer tersebut membuat banyak masyarakat yang berdatangan ke wisata tebing ini.

“Orang yang datang ke sini udah dari mana-mana, artis juga sudah pada datang dan beberapa film juga dibuatnya di sini,” jelasnya.

Jika ingin menggelar kegiatan ataupun wisata dengan rombongan yang banyak dapat meminta pengelola untuk mengondisikan tempat wisatanya agar dapat mengakses secara menyeluruh tanpa harus terganggu dengan pengunjung lainnya.

Wisata ini juga dulunya sempat sangat ramai, namun sekarang per harinya hanya bisa mencapai kurang lebih 15 pengunjung di weekday dan 100 pengunjung di weekend.

“Dulu paling rame 2017, bisa 1.000 orang kurang lebih di weekend dan weekday,” ujarnya.

Jika para calon pengunjung ingin datang dan menikmati keindahan Tebing Koja ini bisa ke Kampung Koja, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, dengan harga tiket masuk hanya Rp10.000 saja.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo