TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Peringati Hari Lahir Pancasila, Jokowi Di Riau, Mega Di Ende NTT

Laporan: AY
Jumat, 31 Mei 2024 | 08:26 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Besok, 1 Juni akan diadakan peringatan Hari Lahir Pancasila. Presiden Jokowi dan Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Megawati Soekarnoputri bakal akan melaksanakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tersebut, di tempat yang berbeda. Jokowi dijadwalkan akan gelar upacara di Riau, sementara Mega di Ende, NTT. 

Jokowi akan bertolak ke Riau dari Bandara Silampari, Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Jumat (31/5/2024) pagi. Setibanya di Riau, Jokowi akan blusukan terlebih dulu meninjau. Di antaranya, meresmikan Jalan Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar dan peresmian IPAL di Pekanbaru. 

"Insya Allah kunjungan Pak Presiden dua hari di Riau (dari Jumat sampai Sabtu)," kata Penjabat (Pj) Gubernur Riau, SF Hariyanto, usai rapat final persiapan kunker Presiden ke Riau, Rabu (29/5/2024).

Keesokannya, Jokowi baru akan menghadiri upacara Hari Lahir Pancasila tingkat Nasional di Kota Dumai. Tepatnya di Lapangan Garuda Kompleks Pertamina Hulu Rokan (PHR). "Nanti selesai upacara, Pak Presiden direncanakan akan meninjau pasar tradisional dan Bulog Dumai," tambah Hariyanto. 

Kunjungan Jokowi ke Riau nantinya akan didampingi oleh para menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM). Hanya saja, Hariyanto tidak menjelaskan siapa saja menteri yang bakal mendampingi Presiden selama kunjungan ke Riau.

Meski upacara Hari Lahir Pancasila tahun ini dipusatkan di Riau, tapi Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Megawati Soekarnoputri lebih memilih giat ke Ende, NTT. Di Ende, Mega rupanya juga akan menggelar upacara. 

Kepastian ini disampaikan oleh Sekretaris Utama BPIP, Tonny Agung Arifianto usai meninjau gladi resik persiapan jelang upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan, Dumai, Riau, Kamis (30/5/2024).

"Ini proses pembagian kewenangan, yang akan hadir di sini adalah Sekretaris Dewan Pengarah, kemudian termasuk anggota Dewan Pengarah," ujar Tonny menjelaskan kenapa Mega yang merupakan Ketua Dewan Pengarah BPIP tidak merayakan bareng presiden di Riau.

Tonny mengatakan, Mega ingin peringati Hari Lahir Pancasila di Kota Ende. "Histori Pancasila ada di Ende. Rahimnya Pancasila akhirnya di Ende," tambahnya.

Tonny kembali memastikan ketidakhadiran Mega di Riau karena sudah saling bagi wewenang. "Ini bagian dari birokrasi yang kita bangun untuk saling mendelegasikan kewenangannya," papar Tonny.

Wakil Kepala BPIP, Rima Agristina menjelaskan, upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni besok turut digelar di sejumlah wilayah di Indonesia secara luring. Hal ini juga yang membuat Mega tidak hadir di upacara Hari Lahir Pancasila di Riau.

Terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Protokol dan Pers Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana mengatakan, meski Mega absen, tapi masih ada beberapa perwakilan BPIP yang akan ikut upacara di Riau. "Saya cek ya (jadwal Presiden). Sepengetahuan saya ada (perwakilan BPIP)," sebut Yusuf Permana kepada Rakyat Merdeka, Kamis (30/5/2024) malam. 

Sementara, politisi PDI Perjuangan (PDIP), Arya Seno Bagaskoro menyatakan tidak ada yang perlu dipermasalahkan walaupun Mega absen upacara di Riau. "Sudah disampaikan bahwa Ibu Mega ada agenda merayakan pembukaan Juni Bulan Bung Karno di tempat lain," pinta Seno saat dihubungi Redaksi. 

Membumikan Bulan Bung Karno, nilai Seno, tidak harus dilakukan secara terpusat. Akan tetapi, bisa di berbagai penjuru Nusantara. "Secara spirit, Pancasila tidak hanya berdiri sebagai meja statis, tetapi juga sebagai bintang penuntun yang dinamis," jelas Seno.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo