TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jangan Potong Subsidi Rakyat

Oleh: Kiki Iswara Darmayana
Sabtu, 13 Juli 2024 | 08:29 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Menghadapi kemungkinan memburuknya ekonomi dunia tahun depan ini, subsidi untuk rakyat kecil, tidak dapat dipotong atau dikurangi.

Angka subsidi BBM, subsidi listrik, subsidi pupuk, bantuan benih padi, beasiswa bagi siswa dan mahasiswa dari keluarga tak mampu, serta subsidi untuk operasi pasar beras tidak diturunkan.

Rakyat kecil dan orang-orang di lapisan paling bawah, yang uang pas-pasan akan semakin tertekan apabila harga BBM naik, harga pupuk naik, harga benih padi naik dan harga beras naik.

Untuk itu, jika enam bulan ke depan ini, harga bahan pangan dan energi di pasar internasional masih tetap tinggi, subsidi BBM, subsidi listrik, subsidi pupuk dan subsidi untuk operasi pasar beras pasti meningkat. Ini penting supaya harga BBM, tarif listrik, harga pupuk dan beras tidak naik.

Kita berharap, para menteri dan anggota DPR yang menangani urusan subsidi untuk rakyat kecil, terus berjuang di Badan Anggaran DPR supaya tak ada pengurangan anggaran subsidi.

Dengan subsidi, ekonomi rakyat di lapisan paling bawah diharapkan bisa bergerak lebih cepat. Dengan subsidi, rakyat kecil bisa mendapatkan BBM, listrik, pupuk dan beras dengan harga lebih murah.

Kita berharap, orang-orang berduit tak membeli subsidi BBM, tak membeli subsidi pupuk, dan tak membeli beras operasi pasar. Kita juga berharap, ke depan ini ada aturan yang tegas, yang bisa menghukum industri, perusahaan perkebunan atau orang berduit yang terbukti membeli BBM atau pupuk bersubsidi.

Ke depan ini, kita juga berharap, para gubernur, bupati, dan walikota bersama-sama pimpinan DPRD memikirkan, bantuan atau subsidi apa saja yang dibutuhkan orang-orang di lapisan paling bawah di daerahnya masing-masing.

Semakin banyak orang di lapisan bawah bisa mendapatkan bahan pokok lebih murah, ekonomi rakyat akan tumbuh lebih cepat. Dan, ini diharapkan dapat mendorong ekonomi nasional tahun ini tumbuh di atas 5,2 persen.

Agar bisnis rakyat kecil dapat bertahan dalam situasi yang sulit, stimulus harus diberikan hingga pertengahan tahun depan. Dengan stimulus, bisnis rakyat kecil bisa menjadi motor penggerak ekonomi di pedesaan dan perkampungan padat penduduk.

Jadi supaya rakyat kecil tetap bisa bekerja, bisa makan dan bisa menyekolahkan anak, subsidi untuk orang-orang di lapisan paling bawah tak bisa dipotong. Dan, agar usaha rakyat kecil tak terguling, stimulus sudah saatnya diberikan lagi kepada UMKM.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo