TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

3 Dewan Baru Fraksi PPN Jalani Bimtek

Laporan: Idral Mahdi
Jumat, 06 September 2024 | 07:15 WIB
Anggota Frkais Demokrat Rizki Jonis berikan bimbingan teknis kepada anggota dewan baru. MISA AKBAR - Ratusan jemaat Katolik asal Tangsel berangkat menuju SUGBK Jakarta untuk mengikuti Misa Akbar Paus Fransiskus, Kamis (5/9).(dra)
Anggota Frkais Demokrat Rizki Jonis berikan bimbingan teknis kepada anggota dewan baru. MISA AKBAR - Ratusan jemaat Katolik asal Tangsel berangkat menuju SUGBK Jakarta untuk mengikuti Misa Akbar Paus Fransiskus, Kamis (5/9).(dra)

SETU-Pasca dilantik dan diambil sumpah jabatan, tiga anggota DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel) periode 2024-2029, mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) internal di ruang Fraksi Demokrat, Kamis (6/9).

Ketiganya adalah Yayang Bahtiar dan Hasbi Ikhsan Ramadhan dari Partai Amanat Nasional (PAN), serta Abdul Muthalib dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Sejumlah pengurus parpol dari dewan baru itu, juga terlihat mengikuti Bimtek tersebut.

Adapun materi Bimtek.disampaikan oleh Ketua Fraksi Demokrat periode 2019-2024, Rizki Jonis. Materi juga diberikan oleh Tenaga Ahli Fraksi Demokrat Suharto, dan Kepala Bagian Keuangan DPRD Kota Tangsel, Ningsih.

Rizki Jonis mengatakan, Bimtek kepada anggota DPRD periode 2024-2029 ini, untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan dewan dalam melaksanakan fungsi legislasi, pengawasan dan penganggaran.

"Bimtek yang kita berikan ke anggota DPRD baru ini, berkaitan dengan penjabaran tugas-tugas harian anggota DPRD. Mulai dari legislasi, pengawasan dan penganggaran," ungkap Rizki.

Rizki beberkan, tak hanya legislasi, pengawasan dan anggaran saja yang diberikan kepada anggota DPRD yang baru tersebut, berbagai fungsi lainnya juga disampaikan dalam Bimtek tersebut.

Mulai dari pelaksanaan tata tertib (Tatib) DPRD, rapat-rapat dewan, rapat-rapat evaluasi dan lain sebagainya. Dengan begitu, dewan baru ini diharapkan dapat memiliki gambaran kerja sebagai wakil rakyat dari daerah pemilihan (dapil) masing-masing.

"Sebagai anggota dewan, ini kan hasil refresentasi dari aspirasi masyarakat. Maka kita harus benar-benar memahami tugas dan fungsi sehari-hari kita di DPRD.

Rizki mengatakan, ketika nanti dewan melakukan reses. Tentunya dalam rapat reses tersebut ada banyak aspirasi yang akan disampaikan masyarakat agar bisa diperjuangkan oleh para anggota dewan.

"Dalam hal ini juga wajib diketahui oleh masing-masing dewan. Bagaimana nanti kita memperjuangkan aspirasi masyarakat untuk disampaikan ke pemerintah. Itu yang kita sampaikan dalam Bimtek ini," terang Rizki.

Yayang Bahtiar, salah satu dewan periode 2024-2029 yang mengikuti Bimtek internal tersebut menyebutkan, ada banyak hal yang bisa diambil dari kegiatan yang berlangsung sejak pagi hingga sore hari ini.

Peraih 5.422 suara di dapil Pamulang ini mengatakan, sebagai pendatang baru di kursi legislator Tangsel, Bimtek akan banyak membantunya saat menjalankan fungsinya sebagai anggota DPRD Kota Tangsel.

"Bimtek ini sudah tentu banyak membantu kita sebagai dewan baru. Kita bisa belajar dari pengalaman-pengalaman dari dewan lama, intinya kita harus banyak bertanya kepada mereka yang sudah lama di DPRD Tangsel ini," pungkasnya.

Sebagai informasi, DPRD Kota Tangsel akan ada penambahan fraksi baru yakni Fraksi PPN (PAN, PPP dan NasDem). Mereka terdiri dari Yayang Bahtiar dan Hasbi Ikhsan Ramadhan dari PAN, Abdul Muthalib dari PPP, serta Andaryono Wiyono dari NasDem.

Dahlan Iskan
Pos Sebelumnya:
Nostra Aetate
Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo