TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Warga Pandeglang Temukan Granat Aktif Saat Bersihkan Sumur Tua

Oleh: AY/BNN
Rabu, 14 September 2022 | 19:11 WIB
Petugas gegana Polda Banten sedang mengevakuasi bom aktif yang ditemukan di dalam sumur tua di Desa Darmaga, Pandeglang. Foto : Istimewa
Petugas gegana Polda Banten sedang mengevakuasi bom aktif yang ditemukan di dalam sumur tua di Desa Darmaga, Pandeglang. Foto : Istimewa

PANDEGLANG – Saat membersihkan sumur dengan kedalaman 2 meter, warga Darmaga, Desa Wirasinga, Kecamatan Mekarjaya, Kabupaten Pandeglang, sontak heboh karena menemukan bom jenis granat militer yang diduga masih aktif, Selasa (13/9/2022), sekitar pukul 11.00 WIB.

Warga yang menemukan bom tersebut, Sarpan (45), langsung melaporkannya ke Kepala Desa Wirasinga. Kemudian, dilaporkan ke Danposmil dan Kanit Intel Polsek Banjar.

Dari laporan itu, langsung ditindaklanjuti oleh pihak Polres Pandeglang, dengan meminta bantuan kepada tim Gegana Satbrimob Polda Banten.
Akhirnya, Bom itu mampu dijinakkan dan langsung dibawa ke Mapolda Banten

Sarpan mengungkapkan, menemukan Bom yang diduga masih aktif itu, pada saat mendalami sumur miliknya yang dekat dengan pesawahan.

“Saya temukan, saat membersihkan sumur didekat area pesawahan. Jadi pas kedalaman 2 meter, saya memegang benda keras seperti batu. Ketika saya lihat, mirip dengan bentuk bom yang ada di film. Makanya, saya langsung melaporkan ke Kepala Desa,” kata Sarpan, Rabu (14/9/2022).

Sarpan mengaku, jika selama ini ia hanya mengetahui bahan peledak di film-film saja. Namun untuk wujud aslinya, ia belum pernah tahu.

“Saya tidak tahu, granat itu masih aktif, kemarin malam sudah ditangani oleh polisi dan dibawa,” tandasnya.

Kabag Ops Polres Pandeglang, Kompol Yogie Roozandi, memastikan Bom itu sudah dievakuasi oleh penjinak Bom dari Polda Banten. Jadi katanya, setelah ada laporan tim dari Satbrimob Polda Banten langsung datang ke lokasi.

“Setelah adanya penemuan, dilaporkan. Ditindaklanjuti, melaporkan kepada Kapolres dan kita minta bantuan ke Detasemen Gegana Satbrimob Polda Banten, untuk dievakusi atau penanganan lebih lanjut,” ujarnya.

Yogie menjelaskan, peledak tersebut sudah kadaluarsa. Ia mengatakan, saat ini bahan peledak tersebut sudah dievakuasi.

“Kemudian hari ini (Rabu,red), sudah disampaikan bahwa jenis dari pada bahan peledak ini ada Bom militer jenis uxo, yaitu bahan peledak militer yang sudah kadaluarsa, kemudian masih aktif hanya diamankan. Kemudian untuk didata dan dievakuasi. Kemudian untuk selanjutnya dievakuasi Satbrimob Polda Banten,” jelasnya.
Ia mengimbau kepada masyarakat, apabila menemukan benda yang mencurigakan untuk segera melapor kepada pihak kepolisian.

“Apabila masyarakat menemukan yang diduga Bom harus melaporkan jangan sampai dipindahkan,” harapnya.

Katanya lagi, Bom ditemukan pada saat warga membersihkan sumur bekas peninggalan Belanda.

“Perlu diketahui juga, lokasi penemuan adalah sumur peninggalan jaman Belanda yang sudah tua, yang ingin diperbaiki, kemudian dibersihkan kembali. Ketika dibersihkan, ditemukan barang yang diduga bahan peledak Bom militer yang sudah lama,” tandasnya. 

Komentar:
Eka hospital
Jadwal Puasa
Rspb
RsPB
Loker
ePaper Edisi 28 Maret 2024
Berita Populer
02
PKS Jagokan Kader Di Pilkada Tangsel

TangselCity | 2 hari yang lalu

06
Prakiraan Cuaca Tangerang Rabu 27 Maret 2024

Pos Tangerang | 2 hari yang lalu

10
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo