TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

BIN dan Polri Sudah Identifikasi Nama dan Keberadaan Bjorka

Laporan: AY
Rabu, 14 September 2022 | 19:45 WIB
Menkopolhukam Mahfud MD. Foto : Istimewa
Menkopolhukam Mahfud MD. Foto : Istimewa

JAKARTA - Badan Intelijen Negara (BIN) dan Polri sudah mengidentifikasi hacker Bjorka, yang beberapa hari terakhir banyak membocorkan data pribadi pejabat. Namun, sosok asli hacker yang mengaku tinggal di Warsawa, Polandia, itu belum bisa diumumkan.

"Gambaran pelakunya sudah teridentifikasi dengan baik oleh BIN dan Polri, tetapi belum bisa diumumkan," kata Menko Polhukam Mahfud MD, dalam konferensi pers, Rabu (14/9).

Mahfud menerangkan, aparat punya kemampuan untuk mengidentifikasi keberadaan hacker dengan akurat. "Gambaran siapa dan di mananya itu kita sudah punya alat untuk melacak itu semua," imbuhnya.

Mengenai aksi Bjorka selama ini, Mahfud memastikan tidak terlalu bahaya. Sebab, Bjorka hanya membuka data-data umum, yang sesungguhnya sudah ada di publik.

Mengapa Bjorka melakukan itu? Mahfud menyebut, motifnya gado-gado. “Ada yang motif politik, motif ekonomi, motif jual beli dan sebagainya. Sehingga juga ya motif-motif kayak gitu itu sebenarnya tidak ada yang terlalu membahayakan," katanya.

Mabes Polri memastikan, saat ini, tim gabungan terpadu yang melakukan pengusutan terkait Bjorka terus bekerja. “Tim gabungan masih bekerja,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, Rabu (14/9).

Direktur Tindak Pidana Siber (Dirtipidsiber) Bareskrim Polri ikut tergabung dalam tim terpadu yang dibuat Pemerintah untuk mengusut soal Bjorka. Dedi berjanji akan memberikan informasi lanjutan jika sudah ada informasi dari Dirtipidsiber Bareskrim. “Menunggu update-nya dari Dirtipisiber juga,” ucapnya. (AY/rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo