TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Tahu Berformalin Ditemukan Di Pasar Tradisional Mekar Baru

Oleh: BNN
Kamis, 15 September 2022 | 11:50 WIB
Petugas Loka Kabupaten Tangerang menemukan tahu berformalin di Pasar Tradisional Mekar Baru. (Ist)
Petugas Loka Kabupaten Tangerang menemukan tahu berformalin di Pasar Tradisional Mekar Baru. (Ist)

TANGERANG - Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM)  Kabupaten Tangerang menemukan tahu putih berbahan Formalin dan es krim berbahan Rhodamin B di Pasar Tradisional Mekar Baru, Rabu (14/9).

Kepala Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Kabupaten Tangerang, Wydia Savitri mengatakan, untuk melindungi masyarakat dari bahan-bahan makanan berbahaya seperti Formalin, Rhodamin B, Boraks, dan Methanyl Yellow, pihaknya meluncurkam mobil laboratorium ke Pasar Tradisional Mekar Baru dan melakukan pengujian bahan makanan sebanyak 20 jenis.

“Dari 20 jenis yang ada, 18 dinyatakan memenuhi syarat. Sementara dua lagi mengandung Formalin dan Rhodamin B,” kata Wydia kepada Satelit News (Tangsel Pos Group), Rabu (14/9).

Lanjut Wydia, dua olahan makanan yang mengandung bahan berbahaya, diantaranya tahu putih mengandung Formalin dan es krim mengandung Rhodamin B. Semua bahan makanan yang terdeteksi mengandung bahan berbahaya, langsung diamankan untuk dimusnahkan.

Selain melakukan pemeriksaan dengan laboratorium keliling. Pihaknya, juga melakukan sosialisasi kepada warga sekitar untuk selalu hati-hati dalam membeli olahan makanan.

"Olahan makanan yang mengandung bahan berbahayakan dimusnahkan. Masyarakat juga harus selalu hati-hati dalam memilih makanan, selalu cek kemasannya,” katanya.

Petugas Loka POM Kabupaten Tangerang, Wulan menambahkan, bahwa kegiatan lab keliling ini akan selalu dilakukan, untuk memastikan bahwa makanan yang dijual dipasaran, khususnya wilayah Kabupaten Tangerang benar-benar terbebas dari bahan berbahaya seperi Formalin, Rhodamin B, Boraks, dan Methanyl Yellow.

“Ini kegiatan rutin dan kita akan selalu memantau olahan-olahan pangan di pasar-pasar wilayah Kabupaten Tangerang,” pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo