TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
Masuk Skema Normal

Mantap, Bantuan Kartu Prakerja Jadi Rp 4,2 Juta

Laporan: AY
Kamis, 06 Oktober 2022 | 10:17 WIB
(Foto : Istimewa)
(Foto : Istimewa)

JAKARTA - Pemerintah memastikan nilai bantuan program Kartu Prakerja naik dari Rp 2,4 juta menjadi Rp 4,2 juta. Kenaikan nilai bantuan karena program Kartu Prakerja mulai masuk ke skema normal.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan, dari Rp 4,2 juta, peserta akan mendapat­kan biaya pelatihan Rp 3,5 juta.

Kemudian, insentif pasca pelatihan Rp 600 ribu yang diberikan 1 kali, dan insentif survei Rp 100 ribu untuk dua kali pengisian.

“Program Kartu Prakerja akan lebih fokus pada peningkatan kompetensi angkatan kerja sebagaimana konsep awal program ini dicanangkan sebelum era Covid-19,” ujar Airlangga dalam Rapat Komite Cipta Kerja yang dikutip dari laman Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, kemarin.

Nantinya, Kartu Prakerja akan fokus pada bantuan peningkatan skill dan produktivitas angkatan kerja. Yakni, berupa bantuan biaya pelatihan secara langsung kepada peserta,, dan insentif pasca pelatihan dengan ragam pelatihan skill­ing, reskilling dan upskilling.

Airlangga yang juga Ketua Komite Cipta Kerja mengatakan, para anggota komite sepakat memulai skema normal pada 2023, dan akan melanjutkan skema semi bansos hingga akhir 2022. Besaran bantuan pelati­han dan insentif sama dengan sebelumnya.

“Pemerintah akan menambah anggaran Rp 5 triliun dengan target 1,5 juta orang,” imbuhnya.

Ketua Umum Partai Golkar itu meng­ingatkan kepada seluruh pihak agar dapat melakukan persiapan serta sosialisasi kepada seluruh pemangku kepentingan, terkait berbagai perubahan. Mengingat skema normal akan segera dilaksanakan pada awal 2023.

Program Kartu Prakerja tersebut akan diimplementasikan secara online, offline maupun bauran. Serta memungkinkan bagi penerima bantuan sosial dari kementerian/ lembaga lain dapat menerima manfaat dari Program Kartu Prakerja,” ujarnya.

Untuk mendukung pelaksanaan skema normal tersebut, lanjut Airlangga, Komite Cipta Kerja juga meminta kerja sama dan pendampingan antara Kejaksaan Agung, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Serta Kepolisian Republik Indonesia dengan Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja yang sudah berlangsung sejak tahun 2020 agar tetap dilanjutkan.

Sebelumnya, program Kartu Prakerja diklaim telah memberikan manfaat bagi 3,46 juta penerima dari 514 kabupaten/ kota di Indonesia dengan total penerima sejak awal pelaksanaan program hingga mencapai 14,9 juta penerima.

Berdasarkan jumlah peserta tersebut, 53,6 persen di antaranya berasal dari 212 kabupaten/kota target penurunan kemiskinan ekstrem serta mencakup calon Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan, program Kartu Prakerja pada 2023 menargetkan 500 ribu peserta. Tahun depan, Pemerintah masih akan mem­berikan Kartu Prakerja sebagai program untuk meng-update skill dari para pencari kerja.

Netizen menyambut baik dilanjutkan­nya program Kartu Prakerja. Diharapkan, Kartu Prakerja bisa semakin mengurangi pengangguran dan meningkatkan pereko­nomian dalam negeri.

Akun @wibissono mengungkapkan, Pemerintah akan melanjutkan program Kartu Prakerja di tahun 2023 dengan melakukan penyesuaian. Kata dia, awal­nya semi bansos menjadi skema normal, sebagaimana konsep awal program ini dicanangkan sebelum masa pandemi.

“Program Kartu Prakerja berlanjut di tahun 2023 dengan skema normal yang telah memberikan bantuan pelatihan lebih besar,” ujar @Rahmaniaa12_. “Mantap Kartu Prakerja akan terus berlanjut,” timpal @gandro_frendi.

Akun @viralitasnews berharap, pen­gangguran semakin berkurang dan per­ekonomian dalam negeri semakin men­ingkat dengan dilanjutkannya program Kartu Prakerja. skema Kartu Prakerja diperpanjang sampai 2023 dengan jumlah yang lebih besar.

“Banyak masyarakat puas atas pro­gram Kartu Prakerja Jokowi,” ungkap @ TPrihatiwi. “Alhamdulillah, program Kartu Prakerja akan berlanjut di tahun 2023,” sambung @descikunti. (rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo