TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

PSSI, PT LIB, Panpel, Indosiar Saling Hindar, Mahfud MD: Bukti Liga Kacau

Laporan: AY
Rabu, 12 Oktober 2022 | 15:26 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD. (Ist)
Menko Polhukam Mahfud MD. (Ist)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menilai, aksi saling hindar tanggung jawab antara PT LIB, PSSI, hingga Indosiar dalam tragedi Stadion Kanjuruhan Malang bukti liga sepak bola Indonesia berjalan kacau.

"Terjadi saling hindar dari tanggungjawab operasional lapangan seperti antara LIB, PSSI, Panpel, bahkan Indosiar. Ini menjadi bukti bahwa penyelenggaraan liga agak kacau," kata Mahfud dalam keterangannya, Rabu (12/10).

Mahfud mengatakan, kondisi tersebut membahayakan dunia persepakbolaan di Indonesia. Karenanya, Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) bakal mencari akar masalahnya. Hasil TGIPF jadi bahan untuk menyusun rekomendasi.

"Rekomendasi TGIPF belum dikeluarkan, masih akan didiskusikan hari ini," kata dia.

Mahfud mengaku berkoordinasi dan melakukan silang temuan dengan temuan Komnas HAM. Ia memperkirakan, kemungkinan Komnas HAM merekomendasikan sesuatu yang khas sesuai dengan kewenangannya.

Ditambahkan, temuan TGIPF tak akan diumumkan sebelum diserahkan kepada Presiden Jokowi.

"Sebab TGIPF dibentuk dengan Keppres untuk keperluan Presiden. TGIPF akan menyerahkan laporan kepada Presiden Jumat atau Senin mendatang," ungkapnya.

Tragedi di Stadion Kanjuruhan terjadi usai Arema menjamu Persebaya 1 Oktober 2022 malam. Awalnya, suporter Arema turun lapangan. Polisi merespons dengan menembakkan gas air mata ke lapangan dan tribun stadion.

Akibatnya, penonton berlarian panik. Total 132 suporter Arema FC tewas dan ratusan lainnya luka imbas tragedi ini. (rm.id)

Komentar:
Berita Lainnya
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo