TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum dan Kriminal

Advertorial

Indeks

Dewan Pers SinPo

Gali Potensi Daerah, Dekranasda Tangsel Lebarkan Sayap Hingga Tingkat Kecamatan

Laporan: Irma Permata Sari
Kamis, 24 November 2022 | 08:14 WIB
Dekranasda Tangsel rapat persiapan pelantikan pengurus tingkat Kecamatan dan Kelurahan di Serpong Utara, Rabu (23/11). (tangselpos.id/ist)
Dekranasda Tangsel rapat persiapan pelantikan pengurus tingkat Kecamatan dan Kelurahan di Serpong Utara, Rabu (23/11). (tangselpos.id/ist)

SERPONG UTARA, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Tangerang Selatan bertekad untuk terus dapat menggali potensi daerah dan menjaring para pelaku seni dan usaha di wilayahnya.

Hal tersebut dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya pascapandemi Covid-19.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Dekranasda Kota Tangsel akan segera melebarkan sayapnya hingga ke tingkat kecamatan dan kelurahan.

Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan mengatakan, kepengurusan Dekranasda tingkat kecamatan dan kelurahan, akan segera disusun dan dikukuhkan.

"Fungsinya apa? Supaya semua programnya ini terintegritas dari kelurahan sampai kota. Karena dalam menyaring para pelaku Kria, itu harus disaring dari tingkat yang paling bawah. Kota itu kan punya keterbatasan untuk menyaring siapa pelaku batik, atau lainnya di sini. Itu sulit. Banyak yang tersembunyi. Kalau kelurahan kita berikan wewenang itu mereka menggali potensi itu lalu mereka punya program. Makanya programnya pun berjenjang," jelas Pilar, Rabu (23/11/2022).

Keberadaan Dekranasda hingga ke tingkat kelurahan, lanjut Pilar, diharapkan mampu dapat lebih menggali potensi masyarakat. Sehingga para pengrajin atau pelaku usaha di daerah, dapat menciptakan karya yang memiliki nilai tambah. 

"Jadi semangat menciptakan karya seni, atau kerajinan yang bernilai tambah, ini tujuan kita. Karena akhirnya itu untuk meningkatkan ekonomi. Jadi bukan hanya bagus tapi bisa menghasilkan ekonomi," terangnya.

Terobosan ini pun akan menjadi yang pertama se-Indonesia. Untuk itu, Ia berharap agar ke depannya dapat lahir karya-karya terbaik yang kemudian akan menjadi produk unggulan khas Kota Tangsel.

"Saya harap beberapa tahun ke depan, produk Dekranasda ini atau pembuat karya bisa ke tingkat nasional dan internasional," harapnya.

Sementara itu, Ketua Harian Dekranasda Kota Tangsel, Heru Agus Santoso menuturkan, proses persiapan pembentukan pengurus Dekranasda tingkat kecamatan dan kelurahan akan berlangsung mulai 26 November-6 Desember 2022.

Jika telah resmi dikukuhkan, maka para pengurus selanjutnya diwajibkan untuk menjalankan beragam program yang selaras dengan Dekranasda tingkat Kota Tangsel. 

"Seperti pelatihan UMKM secara berkala, memfasilitasi event tingkat kota dan nasional sesuai dengan tanggungjawab Dekranasda, kemudian memfasilitasi pameran, seperti kria, seni, budaya, dan ekraf tingkat nasional. Kemudian menjembatani para pelaku UMKM, harapan kami nanti Dekranasda tingkat kecamatan dan kota bisa menciptakan produk-produk unggulan di masing-masing kecamatan," ujarnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo