TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Bikin Timnas Makin Ngetop, Erick Siapkan 3 Langkah Sistematis

Oleh: Farhan
Rabu, 24 Mei 2023 | 21:00 WIB
Ketum PSSI Erick Thohir saat jumpa pers di kantor PSSI.  Foto ; Ist
Ketum PSSI Erick Thohir saat jumpa pers di kantor PSSI. Foto ; Ist

JAKARTA - Ketua Umum PSSI Erick Thohir memaparkan 3 langkah sistematis untuk mewujudkan mimpi-mimpi besar persepakbolaan nasional. Seperti menembus 100 besar dunia, hingga mencapai putaran final kompetisi bergengsi di dunia.

Meskipun, Erick mengakui bahwa usaha bikin ngetop Timnas tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh waktu bertahun-tahun.

"Dan itu harus dilakukan dengan pembinaan yang setara,” ujar Erick dalam Konferensi Pers PSSI di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (24/5).

Setidaknya, sebut Erick ada 3 langkah sistematis yang sedang dipersiapkan olehnya tim PSSI. Beriku ini rinciannya:

1. Undang Tim-tim Besar Dan Terkuat Dunia

Langkah pertama yang ditempuh Erick adalah mengundang tim-tim besar dan terkuat di dunia. Salah satu yang terdekat adalah tim nasional Argentina. Selain itu, Erick juga telah melakukan pembicaraan awal dengan negara-negara seperti Maroko, Brasil, Portugal, dan Rusia.

“Namun, kita hanya bisa mengundang 1 negara dengan tim terkuat 1 kali setiap tahun. Jadi harus ada pertandingan di mana kita dapat ranking. Dan ada juga pertandingan untuk menunjukkan bahwa sepakbola kita dipercaya dunia,” katanya.

2. Perbaiki Ranking Timnas

Asal tahu saja, Saat ini ranking Timnas Indonesia masih di luar 100 besar. Tepatnya di urutan 149. 

Erick bertekad ingin memperbaiki ranking timnas tersebut dengan memperbanyak FIFA Match Day dengan tim – tim dunia yang memungkinkan bagi Indonesia untuk meraih poin. Salah satu yang terdekat adalah dengan Palestina. 

“Pada FIFA Matchday bulan Juni 2023 ini kita membuat gebrakan, kita lawan Palestina yang sekarang sudah ada di ranking 94 dunia. Rankingnya masih lebih baik dari Indonesia yang ada di posisi 149. Ini kita siapkan. Dengan Burundi juga sudah, kita menang, dan seri. Itu semua Langkah -langkah nyata yang kami dorong,” ujarnya.

3. Perkuat pemain muda

Langkah ketiga ini merupakan arahan presiden Jokowi. Bahwa pemain-pemain muda harus diperkuat. 

Sebab, tim muda yang saat ini berusia antara 20-23 tahun pada Piala Dunia tahun 2026 nantinya akan berusia antara 22-25 tahun, dan pada tahun 2031 akan berusia antara 25-28 tahun.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Erick telah melakukan upaya naturalisasi pemain-pemain berbakat dengan keturunan Indonesia. Salah satu contohnya adalah penyelesaian proses naturalisasi Rafael William Struick dan Ivar Jenner.

"Kita siapkan pemain muda kita yang akan menjadi Core dan pendampingan tim nasional untuk mempersiapkan timnas di event internasional. Ada banyak event yang sangat berat di tingkat Internasional, ada Asian Games, ada babak penyisihan Piala Dunia tahun 2026 yang sudah dimulai tahun ini. Ini mimpi kita tidak menginjak tanah. Tapi boleh donk kita mimpi. Mimpi ini harus dijalankan secara serius. Dimulai dengan mempersiapkan babak penyisihanan mulai tahun ini, Oktober – November 2023, lalu ada Asia Cup,” pungkasnya

Komentar:
Eka Hospital
Bapenda
ePaper Edisi 28 Mei 2024
Berita Populer
01
02
Datangkan Pemain ke-12, Sparta Usir Habib FC

Olahraga | 1 hari yang lalu

03
Puncak Musim Kemarau Juli-Agustus

Nasional | 2 hari yang lalu

04
06
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo