TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Di Pilkada Banten

Airin Masih Paling Top

Oleh: Farhan
Minggu, 28 Mei 2023 | 11:31 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERANG - Politisi Partai Golkar, Airin Rachmi Diany, masih di atas angin dalam kontestasi Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Banten 2024. Meski muncul banyak nama baru, angka keterkenalan mantan Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dua periode itu belum terkalahkan.

Pengamat dari Lembaga Survei Politik Indonesia (LSPI), Rachmayanti Kusumaningtyas mengatakan, nama menempati urutan teratas tingkat keterkenalanatau popularitas, karenakerja sosialisasi simpatisan hinggakader Partai Golkar di wilayah Banten cukup masif.

Menurut dia, masifnya sosialisasi terhadap bakal Calon Gubernur (Cagub) Banten itu, sudah sangat terasa sejak akhir tahun lalu.

Dijelaskannya, salah satu contoh nyata masifnya sosialiasi terhadap Airin, tercermin dari banyaknya baliho di wilayah Banten. Dalam sejumlah baliho itu juga ditempelkan kalimat propaganda, di antaranya, “Airin Bukan Yang Lain”. Hal terse­but memancing publik untuk terus membincangkan atau menghubungkan Airin dengan Pilkada Banten.

“Gerakan Airin ini juga mem­buat para bakal calon lain ikut bergerak, meski upaya mereka belum semasif dia. Propaganda yang dibuat Airin dan timnya, juga membuat dirinya seolah menjadi figur incumbent, padahaldia adalah pendatang baru di Pilkada mendatang,” jelas Rachmayati melalui keterangan tertulisnya, kemarin.

Selain itu, sambung dia, Airin juga kerap turun ke bawah, untukmensosialisasikan diri dan menyapa masyarakat Banten. Menurut dia, strategi face to face yang dijalankan Airin, menjadi alat yang cukup efektif untuk mendongkra k popularitas dan elektabilitas.

“Dari data kami, Airin lebih disukai secara pribadi, baik dari sisi penampilan, keramahan, kecerdasan, dan kepedulian. Ia dipandang punya modal pengalaman dalam pemerintahan, dan publik mengenalnya sebagai tokoh partai tingkat nasional,” cetusnya.

Terpisah, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Provinsi Banten, Ratu Tatu Chasanah mengatakan, pihaknya membidik sebanyak 22 kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Banten di Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 nanti. Menurut dia, raihan kursi tersebut akan menjadi langkah awal untuk mengantarkan dan memenangkan Airin di Pilkada mendatang.

“Dengan 22 kursi Dewan, Airin akan memiliki tiket sendiriuntuk mencalonkan diri di Pilkada Banten. Kami berharap, seluruh pengurus, kader, hingga simpatisan Partai Golkar bekerja secara optimal untuk mencapai target-target yang telah ditetap­kan,” ujar Tatu.

Bupati Serang ini optimis, Partai Golkar bisa memenangkan Pileg dan mengantarkan Airin menjadi Gubernur Banten. “Namanya berjuang, ya harus opti­mis. Kalau sudah pesimis susah berjuangnya,” tegas dia.

Diketahui, Airin Rachmi Diany merupakan mantan Wali Kota Tangsel dua periode. Pada kepemimpinan Airin, terjadi peningkatan IPM di Tangsel berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), dari angka 76,99 tahun 2011, menjadi 81,36 di tahun 2020.

Keberhasilan Airin juga dapat dilihat dari banyaknya pembangunan infrastruktur dasar warga, seperti jalan, jembatan, serta trotoar. Selain itu, ia juga berhasil membangun sejumlah infrastruktur lain, seperti Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), gedung pelayanan publik, ge­dung arsip, perpustakaan daerah, stadion mini Ciputat, dan com­munity center. (RM.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo