TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Cek Jalan Di Sragen, Jokowi Ingin Konstruksinya Tahan 10 Tahun, Mahal Tak Apa

Oleh: Farhan
Minggu, 23 Juli 2023 | 16:20 WIB
Foto : Setpres
Foto : Setpres

JAWA TENGAH  - Presiden Jokowi mengecek langsung proyek rekonstruksi Jalan Raya Surakarta-Gemolong-Purwodadi, Sragen, Jawa Tengah, Minggu (23/7). Di sana, Jokowi menekankan agar konstruksi jalan bisa tahan 10 tahun.

Selain itu, Jokowi juga menegaskan komitmen pemerintah untuk mempercepat perbaikan infrastruktur jalan di seluruh Indonesia. Utamanya jalan-jalan provinsi, jalan-jalan kabupaten, jalan-jalan kota di seluruh Tanah Air.

"Yang kita anggarkan pada tahap pertama itu Rp 7 triliun, nanti tahapan kedua Rp 7 triliun, untuk tahun ini,” kata Kepala Negara.

Jokowi menambahkan bahwa kondisi jalan-jalan provinsi di Jawa Tengah telah mencapai tingkat kemantapan sebesar 88 persen. 

Namun, Jalan Raya Surakarta-Gemolong-Purwodadi memerlukan perhatian khusus karena sering mengalami kerusakan akibat tanah yang labil.

"Khusus untuk jalan ini, ini memang saya dari kecil–saya kan tiap hari saya lewat jalan ini–enggak pernah beres," ungkapnya.

Jokowi mengakui, untuk konstruksi yang lebih tahan lama, membutuhkan biaya dua kali lebih mahal.

"Tapi saya kira untuk pemakaian mungkin bisa lebih dari 10 tahun akan baik. Karena kalau pakai aspal hampir mungkin enggak ada dua tahun rusak lagi," tambahnya.

Presiden mengungkapkan bahwa ketebalan cor jalan tersebut mencapai 10 cm di bagian bawah dengan tambahan 25 cm lagi di atasnya. 

Dengan konstruksi yang kokoh seperti ini, diharapkan Jalan Raya Surakarta-Gemolong-Purwodadi dapat bertahan dalam kondisi baik dalam jangka panjang.

"Akan lebih murah dalam jangka panjang. Meskipun investasi awalnya mahal, tapi kalau dihitung jangka panjangnya lebih murah,” lanjutnya.

Presiden Jokowi juga menegaskan bahwa proyek perbaikan jalan akan terus berjalan di seluruh wilayah Indonesia. Dia berharap bahwa pada akhir Juli, proses rekonstruksi jalan di berbagai daerah telah berjalan dengan baik.

"Insya Allah berjalan semuanya, sehingga saya perlu cek ke lapangan, minggu-minggu diajak Pak Gub lihat lapangan," tuturnya.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan tersebut adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan Bupati Sragen, Kusnidar Untung Yuni Sukowati.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo