TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Bahaya Kelainan Tulang Pada Anak

Laporan: Irawan
Kamis, 24 Agustus 2023 | 10:18 WIB
dr. Patar Parmonangan (tengah) saat memberikan penjelasan tentang kelainan tulang pada anak. (tangselpos.id/irw)
dr. Patar Parmonangan (tengah) saat memberikan penjelasan tentang kelainan tulang pada anak. (tangselpos.id/irw)

SERPONG, Rumah Sakit Eka Hospital menggelar Media Gathering di salah satu Resto yang berada di Serpong.

Dalam acara tersebut hadir narasumber dr. Patar Parmonangan Oppusunggu, Sp.OT (K) adalah Dokter Spesialis Orthopedi, Konsultan Pediatrik Eka Hospital yang sangat berpengalaman dan berkualifikasi di bidangnya.

Dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman yang luas, ia telah membantu banyak anak-anak dengan berbagai jenis masalah ortopedi.

Sebagai seorang dokter spesialis, Dr. Patar menangani beragam kondisi ortopedi pada anak-anak, termasuk kelainan bawaan, cedera, dan kelainan tulang.

Ia memiliki pengetahuan yang mendalam tentang pertumbuhan dan perkembangan anak-anak, serta bagaimana masalah orthopedi dapat mempengaruhi mereka.

Dalam diskusinya dengan awak media, bahwa kelainan tulang pada kaki anak dibagi menjadi 2 kategori, yaitu pertama kelainan pada saat lahir.

Kemudian yang kedua adalah kelainan yang berhubungan dengan pertumbuhan. Penyebabnya bisa karena berat badan, kebiasaan, atau karena penyakit lain yang menyebabkan kelainan tersebut menjadi terbentuk.

"Salah satu kelainan pada saat lahir adalah clubfoot yaitu kelainan pada bentuk kaki bayi dimana kaki bengkok ke dalam seperti terkilir. Clubfoot membutuhkan penanganan sesegera mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal," katanya.

Salah satu keahlian Dr. Patar adalah dalam mengobati kelainan bawaan pada tulang anak-anak. Ia memiliki pemahaman yang mendalam tentang berbagai jenis kelainan seperti displasia panggul, kelainan kaki, kelainan tulang belakang, dan banyak lagi.

Menurutnya, penyebab kelainan tulang dalam kandungan berkaitan erat dengan nutrisi. kekurangan asam folat bisa menggangu pembentukan saraf tulag belakang yang pada akhirnya akan mempengaruhi perkembangan kaki di dalam rahim.

"Beberapa penelitian menyebutkan, panggul ibu yang relatif sempit bisa mnyebabkan beberapa kelainan seperti clubfoot dan developmental dysplasia of the hip (DDH) yaitu suatu kondisi dimana sendi bola dan songket pinggul tidak terbentuk dengan benar pada bayi dan anak kecil. Secara anatomi, panggul ibu yang sempit memiliki risiko menimbulkan beberapa kelainan perkembangan bayi dalam rahim," ujarnya

Dengan diagnosis yang tepat dan terapi yang sesuai, ia dapat membantu memperbaiki masalah ini dan meningkatkan kualitas hidup anak-anak.

Selain itu, dr. Patar Parmonangan Oppusunggu, Sp.OT (K) juga memiliki keahlian dalam mengobati cedera pada tulang anak-anak. Ia terlibat dalam perawatan anak-anak yang mengalami patah tulang, dislokasi sendi, atau cedera olahraga.

Dr. Patar tahu betapa pentingnya perawatan yang tepat dan tepat waktu dalam memastikan pemulihan yang cepat dan penuh bagi anak-anak.

Dr. Patar bukan hanya seorang dokter yang ahli, tetapi juga memiliki kemampuan komunikasi yang luar biasa dengan anak-anak dan orang tua mereka. Ketulusan dan kepeduliannya terhadap pasien membuatnya dihormati dan dicintai oleh banyak orang.

Dalam perannya sebagai narasumber, Dr. Patar sering memberikan ceramah dan menulis tentang orthopedi anak-anak. Ia menyebarkan pengetahuannya kepada dokter lain dan juga kepada orang tua yang membutuhkan informasi tentang perawatan ortopedi anak-anak. Artikel-artikelnya sangat membantu dalam memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kondisi ortopedi pada anak-anak dan solusi yang tersedia.

Dengan keahlian dan komitmen yang dimiliki dr. Patar Parmonangan Oppusunggu, Sp.OT (K) anak-anak dengan masalah orthopedi dapat merasa tenang karena mereka ditangani oleh seorang ahli yang berpengalaman.

Perubahan gaya hidup seperti pola makan juga harus diterapkan demi membantu si kecil mendapatkan kebutuhan nutrisinya, terutama vitamin D untuk membantu membentuk kekuatan tulang si kecil pada saat proses pertumbuhan. Berjemur dengan rutin di bawah matahari biasanya dianjurkan karena matahari adalah sumber vitamin D terbesar yang bisa didapatkan oleh si setiap orang.

"Namun apabila anak sudah didiagnosa atau memiliki risiko kelainan tulang maka berjemur di bawah matahari saja mungkin tidak akan mencukupi kebutuhan nutrisi mereka, sehingga asupan suplemen vitamin D dan kalsium mungkin akan direkomendasikan oleh Dokter Spesialis Anak untuk memastikan kebutuhan nutrisi si kecil bisa terpenuhi," ungkapnya.

Jangan lupa juga untuk berkonsultasi mengenai kesehatan tulang si kecil dengan Dokter Ortopedi Konsultan Pediatrik secara rutin untuk menurunkan risiko mereka dari kelainan tulang.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo