TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Kandungan dan Manfaat Mengonsumsi Pisang untuk Tubuh

Oleh: Mg.1
Minggu, 27 Agustus 2023 | 11:50 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Pisang merupakan salah satu buah yang sering dikonsumsi oleh masyarakat, lantaran rasanya yang manis dan dapat diolah menjadi berbagai macam camilan seperti kripik pisang.

Namun selain itu, pisang juga memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Salah satunya, dapat melancarkan sistem pencernaan. Mengutip dari jurnal yang diterbitkan oleh Harvard School of Public Health, dalam satu buah pisang (100 gram) mengandung: 

Kalori : 110

Protein : 1 gram

Karbohidrat : 28 gram

Gula : 15 gram

Fiber : 3 gram

Potassium : 450 gram

Lemak : 0,3 gram

Serat : 2,6 gram

Pisang juga mengandung vitamin B6 yang sangat tinggi. Dengan mengonsumsi pisang, kebutuhan vitamin harian bagi tubuh dapat terpenuhi hingga 33%. Vitamin C pada pisang juga mampu memberikan efek yang baik untuk kesehatan.

Berikut manfaat pisang untuk kesehatan:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan potasium pada pisang, dapat menurunkan risiko penyakit jantung apabila dikonsumsi secara rutin. Zat kalium pada pisang juga dapat membantu menjaga tekanan darah agar tetap stabil dan mengatur detak jantung agar tetap normal.

2. Menjaga Kesehatan Ginjal

Sejumlah peneliti menemukan bahwa kandungan potasium pada pisang ini juga dapat membantu menjaga kesehatan ginjal seperti gagal ginjal, batu ginjal, dan nyeri pada ginjal. Namun, penelitian ini masih harus dikaji lebih lanjut.

3. Menjaga Kesehatan Usus

Pisang mengandung pati resisten yang mampu meningkatkan asam lemak rantai pendek, sehingga dapat menjaga kesehatan usus dan sistem pencernaan.

4. Melawan Radikal Bebas

Pisang mengandung antioksidan yang dapat membantu menyingkirkan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas ini sangat berbahaya lantaran dapat memicu penyakit kanker.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo