TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pemilu Dengan Riang Gembira

Oleh: Kiki Iswara Darmayana
Sabtu, 07 Oktober 2023 | 08:15 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Suhu politik menjelang Pemilu dan Pilpres 2024 yang mulai memanas, perlu didinginkan kembali. Sebab, Pe­milu itu bukan arena pertarungan habis-habisan antar caleg. Pilpres juga bukan ajang pertempuran habis-habisan antar pasangan capres-cawapres.

Pemilu dan Pilpres sesungguhnya adalah pesta demokrasi. Pestanya rakyat Indonesia lima tahun sekali. Karena ini adalah pesta rakyat, kita berharap, Pemilu dan Pilpres 2024, berlangsung dalam suasana riang gembira.

Oleh karena itu, sudah saatnya para elit pendukung bakal capres dan cawa­pres menurunkan lagi tensi politik yang mulai meninggi sepekan terakhir ini.

Kita berharap, kondisi politik dua pekan ke depan, terutama menjelang waktu pendaftaran capres-cawapres ke KPU (Komisi Pemilihan Umum), tidak bergejolak.

Meskipun para politisi terus melaku­kan manuver dan berjuang keras melo­loskan capres dan cawapresnya ke KPU, para elit harus menahan diri.

Hindari pernyataan-pernyataan kasar. Hindari caci maki. Hindari pernyataan berbau SARA dan hindari hoaks.

Sampai saat ini, kita belum mengetahui, siapa saja pasangan capres-cawapres yang akan didaftarkan oleh koalisi parpol ke KPU.

Tapi siapapun yang maju ke Pilpres nanti, wajib mengingatkan para pen­dukung dan tim suksesnya agar tidak mencela, tidak menghina dan tidak men­caci maki pasangan capres-cawapres lain.

Kita juga berharap, para petinggi parpol terus mengingatkan kadernya supaya tidak menghina capres-cawa­pres yang diusung koalisi parpol lain.

Kita tidak ingin Pemilu jadi ajang caci maki antar kader parpol. Kita ti­dak ingin Pilpres jadi ajang caci maki antar pendukung capres-cawapres.

Untuk itu, KPU sebagai penye­lenggara Pemilu perlu lebih gencar lagi melakukan sosialisasi Pemilu damai dan Pemilu riang gembira.

KPU Pusat, Provinsi, Kabupaten dan Kota tak boleh lelah, menjelas­kan ke publik bahwa Pemilu 2024 adalah pesta demokrasi. Pestanya rakyat Indonesia.

Jadi karena Pemilu itu adalah pesta rakyat, maka pesta ini mesti berlangsung dalam suasana riang gembira. Tak boleh ada saling serang. Tak boleh ada kekerasan fisik dan tak boleh ada tindakan anarkis.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo