TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Tidak Ada Serangan Israel Ke Markas Personel TNI UNIFIL Di Lebanon

Oleh: Farhan
Jumat, 27 Oktober 2023 | 12:19 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

LIBANON - Sebuah video viral di sosial media dan bernarasi bahwa Israel menyerang Markas pasukan perdamaian Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), United Nations Interm Force in Lebanon (UNIFIL) dengan menggunakan mortil atau rudal. Video itu diunggah akun instagram @infokomando.official pada Kamis 26 Oktober 2023.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu RI) Lalu M. Iqbal membenarkan telah terjadi peningkatan intensitas saling serang antara Israel dan Hizbullah di sepanjang perbatasan Lebanon-Israel. Namun, tidak ada serangan yang diarahkan langsung ke Markas TNI yang ada di sana.

Seluruh anggota Kontingen Indonesia dalam kondisi aman," kata Iqbal dalam pernyataannya, Kamis (26/10/2023), menanggapi sebuah video viral tersebut.

Jubir mengatakan, pihaknya telah melakukan komunikasi langsung dengan TNI yang bergabung di UNIFIL untuk memverifikasi informasi soal serangan ke markas mereka di Lebanon Selatan. Ia memastikan 1.200 anggota TNI di UNIFIL saat ini dalam keadaan aman.

"Kontingen Indonesia sudah memiliki rencana kontigensi jika kondisi keamanan semakin memburuk. Wilayah tugas mereka di Libanon Selatan, sepanjang perbatasan darat dan laut Libanon-Israel," pungkas  Iqbal.

Setelah perang pecah di Israel dan Palestina pada 7 Oktober 2023, menurut Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda TNI Julius Widjojono, prajurit TNI di UNIFIL menggelar rangkaian latihan evakuasi, atau latihan untuk penyelamatan diri, latihan juga untuk menghindari serangan.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo