TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Tumbuhkan Minat Baca Masyarakat, DPK Tangsel Rayakan Semarak Festival Literasi 2023

Laporan: Rachman Deniansyah
Kamis, 16 November 2023 | 14:13 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar Festival Literasi 2023 dengan sederet rangkaian acara menarik. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, mulai dari Kamis (16/11/2023) hingga Jumat (17/11/2023) besok. 

Kegiatan yang turut diramaikan oleh ratusan siswa dan para pegiat literasi ini, memiliki tema yang bertajuk "Literasi untuk Kesejahteraan". Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tangsel, Toto Sudarto. 

Pada kesempatan itu, Toto menerangkan bahwa sesuai dengan tema tersebut, melalui kegiatan ini DPK Kota Tangsel bertekad ingin menumbuhkan minat baca masyarakat. 

"Kami juga ingin memperkenalkan kepada masyarakat bahwa perpustakaan bukan hanya tempat untuk membaca buku semata. Tapi banyak hal lain yang bisa dikembangkan. Contohnya seperti yang ada di acara ini. Ada banyak kegiatan dan acara-acara yang menarik," ujar Toto. 

Mulai dari acara gelar wicara atau talkshow yang diramaikan oleh narasumber yang sangat inspiratif, lomba mewarnai, membaca nyaring, lomba tutur, lomba membaca puisi, dan lomba mendongeng yang diikuti oleh ratusan siswa-siswi se-Tangsel. 

"Jadi bertepatan dengan momen ini, melalui sederet perlombaan itu kami ingin menggali bakat dan potensi anak-anak di Tangsel ini," imbuhnya. 

Selain dengan menghadirkan bermacam kegiatan yang dapat menarik minat masyarakat, Toto juga bertekad untuk mengubah perpustakaan menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. 

"Seperti dengan keberadaan danau yang indah, kemudian juga area parkir di lantai dua ingin saya jadikan tempat untuk santai, ngopi, dan bisa menikmati musik. Jadi bisa menjadi taman rekreasi atau wisata edukasi," terangnya. 

Sehingga, lanjut Toto, persepsi masyarakat yang menyebut bahwa perpustakaan adalah tempat yang membosankan bisa hilang. Sebaliknya dengan sentuhan itu, maka perpustakaan akan menjadi tempat yang sangat nyaman.

Cara tersebut, nampaknya berhasil. Gedung Perpustakaan Kota Tangsel yang berlokasi di Jalan Raya Ciater, Serpong, Tangsel, kini selalu ramai dikunjungi masyarakat setiap harinya. 

"Waktu pertama saya di sini (DPK-red), saya nongkrong di depan. Itu yang datang hanya satu, dua, sehari paling banyak 15 orang. Tapi sekarang Alhamdulillah, sehari saja paling sedikit bisa 100 orang," tuturnya. 

Sementara pada kegiatan hari ini, terdapat ratusan siswa-siswi yang turut meramaikan berbagai macam perlombaan. 

"Mulai dari tingkat TK ada sekitar 200 anak, SD 300 orang, dan SMP sekitar 250 orang," paparnya. 

Ia berharap memalui kegiatan ini, minat baca masyarakat di Tangsel dapat terus tumbuh. 

"Kemudian juga agar perpustakaan mempunyai makna dan manfaat bagi masyarakat. Kami mempunyai motto, yaitu berpikir, bekerja dan berkarya untuk bangsa," pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo