TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum dan Kriminal

Advertorial

Indeks

Dewan Pers SinPo

Bupati Zaki: Pastikan Wabah PMK Di Kabupaten Tangerang Sudah Melandai

Oleh: BNN/AY
Senin, 08 Agustus 2022 | 10:35 WIB
Wabah PMK Di Kabupaten Tangerang Sudah Melandai. (Ist)
Wabah PMK Di Kabupaten Tangerang Sudah Melandai. (Ist)

TANGERANG—Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar memastikan bahwa penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menjangkit hewan ternak di Kabupaten Tangerang telah melandai dan terkendali. Setelah dilakukan pemberian antibiotik, vitamin dan vaksinasi.

“Untuk kasus PMK di Kabupaten Tangerang saat ini sudah melandai,” kata Zaki Iskandar kepada Satelit News (Tangsel Pos Group) Minggu (7/8).

Lanjut Zaki, untuk menekan angka penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang telah mengalokasikan dosis vaksinasi pengendalian penyakit pada hewan. Katanya, hal itu terbukti sangat efektif.

“Kita sudah melakukan upaya dengan memberikan vaksin PMK, dan terbukti efektif dalam percepatan penanganan wabah itu,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang, Asep Jatnika menambahkan, bahwa kini pihaknya terus menggenjot pemberian vaksinasi PMK tahap kedua bagi hewan ternak. Ia menyebutkan, sebanyak 600 dosis telah disiapkan untuk memperluas pelaksanaan vaksinasi PMK tahap kedua tersebut.

“Saat ini, yang kami prioritaskan untuk divaksin adalah ternak bibit, sapi perah, sapi potong dan juga kerbau,” jelasnya.

Pelaksanaan vaksinasi PMK tahap kedua tersebut telah digelar pada tanggal 27-29 Juli 2022 di 6 kecamatan, yakni Kecamatan Rajeg, Sindang Jaya, Panongan, Legok, Tigaraksa dan Solear. Sebanyak 737 ekor telah tervaksin baik vaksin dosis kedua dan dosis kesatu.

“Berdasarkan data sebelumnya, sebanyak 597 ekor hewan ternak di Kabupaten Tangerang telah menerima vaksinasi PMK tahap pertama. Kini dari jumlah tersebut telah mencapai angka 100 persen untuk dosis pertama,” pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo