TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Memperkenalkan Pojok Baca Digital, Upaya Pemkot Tangerang Tingkatkan Minat Baca

Oleh: Mg.Nabil
Jumat, 08 Maret 2024 | 17:19 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

TANGERANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang secara konsisten menggalakkan peningkatan literasi di kalangan warganya. Langkah terbaru dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang bekerja sama dengan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) dengan meresmikan Pojok Baca Digital (Pocadi) di Alun-alun Pinang, Kota Tangerang.

Engkos Zarkasyi, Kepala DPAD Kota Tangerang, menjelaskan bahwa Pocadi merupakan inovasi terkini dalam meningkatkan literasi digital yang tersedia di berbagai tempat umum di Kota Tangerang. Pocadi tidak hanya menyediakan berbagai fasilitas literasi secara gratis, seperti komputer dan tablet untuk mengakses buku digital, tetapi juga bertujuan untuk meluaskan jangkauan literasi digital di masyarakat.

“Pojok Baca Digital merupakan program kolaborasi untuk memudahkan fasilitas literasi, khususnya perpustakaan di ruang publik. Bentuknya sendiri, kami menyediakan bangunan yang diisi oleh fasilitas dari Perpustakaan Nasional secara langsung, berupa empat komputer dan lima tablet untuk akses buku digital,” terang Engkos, Jumat (8/3/2024).

Selain itu, Pocadi dilengkapi dengan berbagai fasilitas tambahan untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung. Mulai dari karpet yang nyaman hingga sistem jaringan internet yang memiliki kinerja tinggi, semua ini dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat, terutama dalam rangka aktivitas literasi.

“Lewat terobosan ini, kami menilai Pojok Baca Digital akan mendorong transformasi digital untuk menciptakan ekosistem literasi dan perpustakaan yang mudah dijangkau oleh masyarakat luas,” tutupnya.

Terlebih lagi, Pocadi di Alun-alun Pinang, Kota Tangerang kini tersedia secara gratis dan akan beroperasi setiap hari Senin hingga Sabtu, dari pukul 10.00 hingga 16.00 WIB.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo