TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Bimbingan Manasik Haji Digelar Serentak Di Tujuh Kecamatan Selama Empat Hari

Laporan: Idral Mahdi
Rabu, 24 April 2024 | 08:26 WIB
MANASIK. Para calon jamaah haji mengikuti bimbingan manasik haji yang dimulai pada Selasa (23/4).(Dra)
MANASIK. Para calon jamaah haji mengikuti bimbingan manasik haji yang dimulai pada Selasa (23/4).(Dra)

SETU- Bimbingan manasik haji tingkat Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan di Kota Tangsel digelar serentak pada Selasa (23/4). Bimbingan manasik haji ini berlangsung selama 4 kali pertemuan.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tangsel, Dedi Mahfudin menyampaikan, bimbingan manasik ini merupakan hak jamaah dalam rangka mendapatkan bekal pengetahuan sebelum berangkat ke Tanah Suci. Dengan tujuan supaya jamaah dalam melaksanakan ibadah haji berjalan lancar dan khusuk.

"Serempak dilakukan di tujuh kecamatan se-Kota Tangsel yang mana dilakukan selama empat hari sejak Senin," ujarnya.
 Kegiatan bimbingan manasik haji ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Tangsel, Abdul Rosid, para camat, lurah, dan tokoh masyarakat.

Dedi menambahkan, calon jamaah haji mendapatkan bimbingan manasik dari para narasumber mulai dari kesehatan, fiqh haji dan umrah, ibadah selama perjalanan dari dalam pesawat, hak dan kewajiban jamaah haji, akhlak dan budaya Arab Saudi.

"Serta hal-hal yang terkait proses pelaksanaan ibadah haji mulai dari Tanah Air, selama di Tanah Suci, hingga kembali ke Tanah Air," tambah ia.

Calon jamaah haji juga mendapatkan materi praktik manasik haji di Replika Ka'bah, Lubana Sengkol, Kecamatan Setu, mulai dari memakai kain ihram, thawaf, sa'i, wukuf, dan melempar jumrah.

Narasumber berasal dari pejabat Kantor Kemenag Tangsel, Dinkes Kota Tangsel, tokoh masyarakat, dan praktisi/pakar/ahli. 

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Tangsel, Rizki Waludin berharap calon jamaah haji mengikuti bimbingan manasik ini dengan serius hingga akhir agar mendapatkan wawasan dan pengetahuan sebelum berangkat ke Tanah Suci.

"Bimbingan manasik ini sangat penting sebagai bekal pengetahuan calon jamaah haji. Kami selalu berusaha agar pelaksanaan ibadah haji khususnya di Kota Tangsel semakin baik tiap tahunnya," ujarnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo